Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Khofifah Gubernur Jatim: Kebaikan Almarhum Eril Menginspirasi Anak Muda untuk Rajin Berbagi

Bandung (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa secara langsung mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Khofifah pun mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk mengikuti sikap istiqomah yang dilakukan almarhum Eril yang saling berbagi.

“Kami mengucapkan Innalilahi wa innailaihi rojiun. Semoga amal ibadahnya diterima Allah, khilafnya diampuni Allah serta dipanggil dalam keadaan husnul khotimah. Seluruh keluarga yang ditinggal dikuatkan, diberi kesabaran, ketegaran dan keikhlasan,” kata Gubernur Khofifah, Minggu (12/6/2022) malam.

Jenazah Eril tiba di Bandung sekitar pukul 20.00 malam dan disambut masyarakat Kota Bandung. Terpantau, warga yang menyambut kedatangan jenazah Eril, kata Khofifah, menunjukkan mulianya sikap istiqomah mendiang selama hidup.

“Kita semua melihat Allah memberikan kemuliaan yang luar biasa pada proses pengawalan doa-doa yang dimunajatkan untuk almarhum ananda Eril. Kemuliaan itu Allah tunjukkan kepada kita semua, mudah-mudahan mempermudah Ananda Eril masuk surga-Nya Allah. Aamiin,” tuturnya.

Khofifah mengaku tidak begitu mengenal dengan sosok Eril secara personal. Namun, ia amat meyakini bahwa sesungguhnya ada buah amal ibadah yang dilakukan oleh Eril yang dilakukan secara istiqomah.

“Teman-teman bisa melihat bahwa kemuliaan Allah yang ditunjukkan kepada Almarhum Eril itu karena pasti ada amal ibadah yang istiqamah dilakukan,” ujarnya.

Hal-hal istimewa yang dilakukan oleh Almarhum Eril semasa hidup juga sempat didengar Khofifah dari media dan orang-orang terdekat yang berbagi cerita. Misalnya ketika tengah malam, Eril acapkali berbagi sedekah kepada mereka yang kurang beruntung.

“Saya rasa kebaikan seperti ini sangat menginspirasi generasi muda untuk bisa diteladani,” ungkapnya.

Sejak Eril dinyatakan hilang pada Kamis (26/5/2022), Khofifah beberapa kali berkomunikasi melalui aplikasi perpesanan WhatsApp kepada Ridwan Kamil.

Lalu ketika jenazah Eril ditemukan, Khofifah sudah menyatakan bahwa Ia ingin bertemu untuk mengucapkan belasungkawa secara langsung.

“Kami ingin memberikan penguatan, ketegaran kesabaran dan keikhlasan untuk beliau. Bahwa Allah menunjukkan kemuliaan yang luar biasa pada proses penghantaran ananda almarhum Eril kembali kepada Sang Khaliq,” tandasnya.

Usai menemui awak media, Khofifah langsung menemui Ridwan Kamil, sang istri, Atalia Praratya, dan keluarga besar. Di sana, Khofifah mengucapkan belasungkawa kepada Kang Emil secara langsung sekaligus mendengar cerita Kang Emil mengenai jenazah Eril ketika ditemukan.

“Alhamdulillah mereka berdua sangat tegar dan ikhlas melepasalmarhum mas Eril,” ungkap Khofifah.

Khofifah mengatakan, Gubernur Ridwan Kamil menceritakan momentum saat melihat jenazah almarhum Eril dalam kondisi baik dan harum serta kepalanya menoleh ke kanan menjadikan keduanya kuat, tegar dan tabah.

“Jadi, suasana menjadi sangat baik bagi beliau berdua dan saya rasa itu juga satu tanda yang sangat baik. Artinya, banyak hal kebaikan yang dilakukan Ananda Eril tanpa diketahui banyak orang, dan Allah telah membalasnya dengan berbagai kemuliaan” ucapnya.

Saat takziah, Gubernur Khofifah juga mendapatkan banyak cerita dari Kang Emil maupun Bunda Atalia soal testimoni sebagian masyarakat yang pernah mendapatkan kebaikan dari Eril.

“Begitu banyak kebaikan yang dilakukan Eril tanpa sepengetahuan orang tuanya. Melalui almarhum Eril, kita belajar untuk menanam kebaikan yang suatu saat juga akan berbuah kebaikan,” katanya.

Setelah bercengkrama dan mendengar cerita kebaikan Eril semasa hidup, Khofifah bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para pentakziah lainnya melaksanakan salat jenazah. “Itu doa dan hadiah terbaik untuk ananda Eril,” pungkasnya.

Jenazah Eril dijadwalkan akan dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan Kp Geger Beas RT 01/05 Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin, (13/6/2022) pukul 11.00 siang. (tok/*)


Apa Reaksi Anda?

Komentar