Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Tersebar di Jombang, Nganjuk dan Kediri

Bulan Ramadan, ’76 Heppiii Community’ Buka Bersama di 40 Lokasi

Sala satu lokasi yang digunakan buka bersama '76 Heppiii Community'

Jombang (beritajatim.com) – Datangnya bulan suci Ramadan 1443 H tidak dilewatkan begitu saja oleh 76 Heppiii Community. Dengan semangat ‘Bersama Melakukan Kebaikan’ mereka menggelar buka bersama (bukber) di 40 lokasi yang tersebar di Jombang, Nganjuk, dan Kediri.

Tentu saja, karena bukber sebanyak 40 lokasi, acara digelar dengan jangka waktu lama, yakni dimulai 14 April hingga 28 April 2022. Buka bersama itu dilakukan di desa yang terdapat komunitas 76 Heppiii Community. “Acara sudah kita mulai pada Kamis, 14 April 2022. Dan akan berakhir pada Kamis, 28 April mendatang,” kata pembina 76 Heppiii Community wilayah Jombang dan Nganjuk Harris Agung Wibisono, Selasa (26/4/2022).

Di masing-masing lokasi, buka bersama tersebut digelar di masjid setempat atau di sekitar jalan desa. Semuanya berlangsung meriah. Apalagi, acara tersebut mengedepankan kebersamaan. Memasak menu buka puasa dilakukan secara bersama-sama oleh anggota komunitas.

Sebelum azan magrib berkumandang, para hadirian terlebih dulu mendengarkan tausyiah dari tokoh agama. Menariknya, dalam buka puasa ini para peserta menikmati hidangan dengan menggunakan wadah daun pisang. Makan dilakukan bersama-sama dengan model mamanjang.

“Karena memang semangat kebersamaan yang kita utamakan. Setiap titik, peserta yang hadir antara 50 hingga 100 orang. Mangapa menggunakan daun pisang? Karena konsepnya ramah lingkungan. Buka bersama berlangsung guyup dan penuh nuansa kebersamaan,” kata Harris.

Harris mengatakan, lokasi buka bersama adalah desa yang memiliki komunitas 76 Heppiii Community. Untuk di Jombang di antaranya, Desa Ngrandu Lor, Kecamatan Peterongan. Di desa ini terdapat komunitas pemuda yang tergabung dalam 76 Heppiii Community. Kemudian Dusun Kwadung, Desa Badas, dan Desa Mentoro, Kecamatan Sumobito.


Buka bersama ’76 Heppiii Community’ di Desa Mentoro, Kecamatan Sumobito, Jombang, beberapa waktu lalu

Lokasi lainnya adalah Desa Dukuhmojo Kecamatan Mojoagung. Di Desa ini terdapat komunitas Karta Mahardika. Kemudian Desa Darurejo Kecamatan Plandaan yang memiliki ‘Ijen Community’. Lalu buka bersama di Komunitas Nurul Aini Jombang Kota.

“Ada juga komunitas Ishari, seperti di Desa Tanggalrejo Mojoagung dan Dusun Rejosari Ngoro, Jombang. Acara kita gelar mulai 14 hingga 28 April 2022. Lokasinya setiap hari berpindah. Semoga acara ini memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya di bulan Ramadan ini,” ujar Harris.

Sedangkan di Kabupaten Nganjuk, lanjut Harris, lokasinya meliputi Desa Trayang dan Desa Drenges Kecamatan Ngronggot. “Kemudian Dusun Combre Kecamatan Prambon, serta Desa Kramat Kecamatan Nganjuk. Juga ada satu lokasi di Kecamatan Loceret,” kata Harris.

Lantas, bagaimana dengan yang di Kabupaten Kediri? Pembina 76 Heppiii Community, Hanafi menyebut sejumlah lokasi di Kabupaten Kediri yang dijadikan tempat buka bersama 76 Heppiii Community. Di antaranya, Dusun Bukaan Kecamatan Kepung, Dusun Parerejo Desa Gedangsewu Kecamatan Pare, serta Desa Pagu Kecamatan Wates. “Selanjutnya, Desa Damarwulan dan Desa Gayam Kecamatan Kepung,” pungkas Hanafi. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar