Gaya Hidup

Tarik Minat Pengunjung Wisata

Pengeloaan Talang Siring Libatkan Mpok Darwis

Pamekasan (beritajatim.com) – Pengelolaan Pantai Wisata Talang Siring melibatkan sejumlah kelompok sadar wisata alias Mpok Atik, guna menunjang sekaligus menarik minat wisatawan ke lokasi wisata yang terletak di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar proses pengelolaan destinasi wisata alam dengan panorama mangrove dan pantai berjalan maksimal. Terlebih didukung dengan manajerial Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat, termasuk komunitas alias Mpok Darwis yang berasal dari unsur perwakilan dusun di desa setempat.

“Pola pengelolaan wisata di Pantai Talang Siring melibatkan tiga elemen berbeda, yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud), Pemerihtah Desa (Pemdes) Montok, serta Mpok Darwis yang tercatat sebagai kelompok sadar wisata,” kata Pengelola Pantai Talang Siring, Zubair kepada beritajatim.com, Jum’at (13/3/2020).

Selain itu pihaknya juga menegaskan seluruh pegawai di lokasi destinasi wisata melibatkan masyarakat setempat. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemberdayaan bagi masyarakat setempat. “Jadi semua pegawai kita ambil perwakilan dari setiap dusun dari Desa Montok,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mewacanakan untuk menjadikan wisata Pantai Talang Siring dengan tagline ‘Wisata Halal’, sekaligus singkronisasi melalui jargon Bumi Gerbang Salam. “Saat ini Halal Tourism atau Halal Travel sudah menjadi tren destinasi wisata dunia, sehingga hal itu dapat menarik animo maupun minat pengunjung,” jelasnya.

“Apalagi saat ini kita juga mulai melakukan berbagai pembenahan sekaligus penambahan sejumlah fasilitas, seperti tempat ibadah hingga penyediaan CCTV. Di mana hal itu kita lakukan sebagai upaya memantau prilaku kurang etis dari kalangan muda-mudi yang bukan pasutri,” tegasnya.

Dari itu pihaknya juga memiliki komitmen untuk terus melakukan berbagai pembenahan sebagai upaya menarik minat pengunjung. “Memang selama ini destinasi wisata di Pamekasan belum menunjukkan geliat memuaskan, tetapi kami tetap berupaya untuk melakukan berbagai perbaikan dan penambahan sejumlah fasilitas,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar