Iklan Banner Sukun
Ragam

WR Supratman, Pencipta Lagu Indonesia Raya itu Meninggal pada 17 Agustus

Beritajatim.com, Surabaya – 17 Agustus memang diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam rangka merayakan hari di mana Bung Hatta memproklamirkan merdekanya Indonesia, berbagai kegiatan sering dilakukan. Seperti upacara dan perlombaan yang turut memeriahkan.

Namun tak banyak yang tau bahwa 17 Agustus juga menjadi hari saat sang pencipta lagu Indonesia Raya menghembuskan nafas terakhirnya. Bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1938.

Sang pencipta tersebut adalah Wage Rudolf Supratman, salah satu Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan seorang komposer, perngarang lagu-lagu kebangsaan, juga seorang jurnalis dan novelis. Terjadinya Kongres Pemuda Indonesia Pertama yang menginspirasinya untuk menciptakan sebuah hymne nasional Ia pun sudah membuat konsep lagu kebangsaan pada 1 Mei 1926, dengan judul sementara ‘Indonesia’. Tetapi, walaupun lagu tersebut sudah rampung, ia menolak untuk mempublikasikannya, dengan alasan menunggu suatu moment atau peristiwa yang tepat.

Tibalah 28 Oktober 1928. WR. Supratman berkesempatan memperdengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” pada Kongres Pemuda Indonesia Kedua. Ia bahkan sudah mempersiapkan dari awal Oktober, dengan membuat salinan dan menyebarkan pada beberapa pimpinan organisasi pemuda serta pimpinan Persaudaraan Antara Pandu-Pandu Indonesia (PAPI). Dia ingin para pemuda terlebih dahulu lah yang mempelajari dan menyebar luaskan ciptaannya. Sayang sekali, akibat tekanan dari Belanda, WR. Supratman hanya memainkan secara instrumental menggunakan biola.

Semenjak itulah “Indonesia Raya” menjadi tenar dan banyak diperbincangkan. Bahkan WR. Supratman sempat menjadi buronan, pemutaran lagunya pun dilarang oleh Pemerintah Belanda. Beberapa orang dipecat bahkan ditangkap karena mengumandangkan lagu ini. Menjelang jatuhnya Belanda dan masuknya Jepang, barulah peraturan ini dicabut.

WR. Supratman wafat pada usia yang masih sangat muda, yaitu 35 tahun. Meskipun begitu, cita-citanya untuk menciptakan lagu kebangsaan sudah terwujud.

Lirik lagu Indonesia Raya yang asli berbunyi :

Indonesia, tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah, aku berdiri
Menjaga Pandu Ibuku
Indonesia, kebangsaanku
Kebangsaan tanah airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahnya, hiduplah rakyatnya
Bangsanya, jiwanya, semuanya
Bangunlah rakyatnya, bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya, mulia mulia
Tanahku, negeriku yang kucinta
Indonesia Raya, mulia mulia
Hiduplah Indonesia Raya

Barulah ada tahun 1948, Gubernur Jenderal masa yang berlaku masa itu memberikan izin untuk mengganti kata ‘mulia’ dengan kata ‘merdeka’. (mnd/bjo)


Apa Reaksi Anda?

Komentar