Ragam

Terbukti Lakukan Pemerkosaan, Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara

Sumber foto: Instagram/@kriswu

Surabaya (beritajatim.com) – Kris Wu, aktor dan mantan boyband EXO Korea Selatan resmi divonis 13 tahun penjara pada Jumat (25/11) atas kasus perkosaan dan kejahatan pencabulan.

Pengadilan Distrik Chaoyang, Beijing, dalam putusannya menyatakan bahwa pria kelahiran Kanada tersebut bersalah karena telah mengumpulkan massa untuk terlibat dalam kegiatan seks bebas. Selain itu, Kris Wu juga bersalah atas pemerkosaan pada tiga perempuan dalam keadaan mabuk pada periode November hingga Desember 2020.

Lebih detailnya, pria berusia 32 tahun mendapat vonis 11,5 tahun untuk pemerkosaan dan 22 bulan untuk perilaku cabul. Tidak hanya itu, karena perbuatannya ini Kris Wu juga akan dideportasi dari China setelah masa tahanannya selesai.

Putusan ini telah diterbitkan lebih dari lima bulan setelah persidangan dimulai di pengadilan Beijing yang sama pada Juni 2022. Vonis itu juga lebih tinggi daripada yang diperkirakan sebelumnya pada persidangan awal. Persidangan Kris Wu juga digelar secara tertutup, yang mana bertujuan untuk melindungi identitas dan privasi korban. Meski begitu, beberapa pejabat dari Kedutaan Besar Kanada di Beijing turut menghadiri sidang pembacaan putusan.

Akrab dipanggil Wu Yifan, awal mula ketenarannya ketika ia bergabung bersana boyband K-Pop EXO. Hingga akhirnya ia hengkang di tahun 2014 dan memilih solo karir. Ia pun sukses tidak hanya sebagai penyanyi, namun juga melebarkan sayapnya di bidang akting, modeling, dan menjadi juri di sebuah variety show.

Sekitar tahun 2021, seorang pelajar berusia 19 tahun membuka suara. Mengatakan jika Wu telah memperkosanya saat ia masih berumur 17 tahun.

Sontak saja, kasus ini menjadi bahan perbincangan publik. Kris Wu dikecam, beberapa brand ternama tidak segan untuk membatalkan kontrak. Namun, Kris Wu kala itu membantah semua tudingan yang dituduhkan pada dirinya.

Barulah setelahnya korban – korban lainnya bermunculan, dengan tuduhan bahwa kru Kris Wu ikut melakukan tindakan asusila dengan mengundang mereka ke pesta karaoke dan berakhir dengan pelecehan. Kris Wu juga dituding beberapa kali memperdayai gadis untuk berhubungan seksual.

Kris Wu mulai ditahan oleh petugas Kepolisian Distrik Chaoyang pada 31 Juli 2021. (mnd/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar