Iklan Banner Sukun
Ragam

5 Hal Sepele Ini yang Membuat Anda Mudah Gemuk, Nomor 2 Sering Disalahpahami

Ilustrasi orang yang gemuk membuat tidak percaya diri. (Towfiqu, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Tanpa disadari beberapa hal sepele terkadang berdampak signifikan pada hidup. Karena hal ini cenderung hal yang sepele, jadi sering dilupakan banyak orang.

Padahal beberapa ini bukan hanya berpengaruh bagi berat badan, namun sedikit banyak juga mempengaruhi kesehatan. Hindari 5 hal ini terutama bagi Anda yang menjalani diet.

1. Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan primer bagi semua manusia. Saat Anda kurang tidur, yang ada hormon kortisol akan diproduksi secara berlebih. Hormon itu akan berdampak bagi Anda yang selalu ingin makan. Jadi, atur jam tidur Anda dengan optimal selama kurang lebih 6 – 8 jam sehari agar hormon kortisol jadi stabil.

2. Tidak Sarapan Pagi

Alasan paling umum tidak sarapan adalah karena tidak sempat masak di pagi hari. Ternyata, kebiasaan ini bisa membuat Anda cepat gemuk.

Soalnya, jika Anda skip sarapan, saat makan siang Anda akan cenderung makan dengan porsi yang berlebihan. Kondisi ini bakal makin parah jika Anda hanya beraktivitas di dalam ruangan saja.

3. Tidak Fokus Saat Makan

Bagi Anda yang sering makan sembari nonton TV atau tayang Youtube, kebiasaan ini juga berdampak buruk bagi tubuh. Hal itu karena ketika fokus Anda terkunci di sebuah kegiatan lain, membuat Anda secara nggak sadar, terus menyuap makanan ke dalam mulut.

Malah kadang, dirasakan juga tidak. Seringkali, Anda baru sadar saat makanan sudah habis. Padahal, penting untuk fokus saat makan. Karena, setiap kunyahan dan rasa itu bisa membuat Anda tahu, kapan merasa kenyang.

4. Memilih untuk Hanya Makan Salad

Mungkin masih banyak yang berpikir jika diet, salad jadi salah satu makanan wajib untuk disantap. Memang benar, dengan mengkonsumsi salad, Anda jadi banyak makan sayur.

Tapi, jika salad dijadikan pengganti makanan utama, itu malah membuat Anda terpicu untuk makan lebih banyak di waktu makan berikutnya. Soalnya, nutrisi Anda belum terpenuhi secara cukup.

5. Menghindari Kopi Berkafein

Kopi menjadi minuman yang jadi andalan di pagi hari bagi sebagian besar masyarakat. Namun, ada juga yang berpikir bahwa minum kopi itu tidak sehat, karena kandungan kafeinnya yang tinggi dan memilih untuk minum kopi tanpa kafein. Padahal, kandungan kafein pada kopi yang dikonsumsi dengan porsi yang wajar, justru dapat membantu proses metabolisme tubuh.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet jangan sampai salah dengan beberapa hal itu agar tidak makin gendut. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar