Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Presiden Jokowi Besok ke Ponorogo, Resmikan Waduk Bendo

Bupati Sugiri Sancoko. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bakal melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo. Agenda kunjungannya kali ini ke bumi reyog salah satunya melakukan peresmian waduk Bendo di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo.

“Insyallah Bapak Jokowi positif berkunjung ke Ponorogo. Hari-hari ini kami sudah berkomunikasi dan koordinasi dengan semua yang terlibat, baik dari Setorea, Korem, Pemprov Jatim,” kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko,Senin (6/9/2021).

Sugiri mengungkapkan bahwa kunjungan Presiden Joko Widodo dijadwalkan pada hari Selasa (7/9). Selain meresmikan bendungan Bendo di Kecamatan Sawoo, Bapak Presiden sebelumnya akan meninjau program vaksinasi di beberapa tempat di Ponorogo.

“Selain meresmikan waduk Bendo, beliau (Bapak Jokowi) juga akan meninjau program vaksinasi,” katanya.

Kang Giri panggilan Sugiri Sancoko merasa senang pembangunan waduk Bendo ini sudah selesai. Sebab, adanya waduk Bendo ini akan bermanfaat banyak untuk warga. Khususnya bagi pertanian di bumi reyog.

“Waduk Bendo tidak hanya bermanfaat untuk menanggulangi banjir. Tetapi akan ada 7.000 hektare sawah baru, ” ungkapnya.

Jumlah tersebut, sebut Giri sebelumnya merupakan sawah tadah hujan. Dengan adanya waduk Bendo ini, 7.000 hektare sawah itu menjadi sawah irigasi teknis. “Memang air ini sangat vital untuk pertanian,” katanya.

Dengan begitu, diharapkan produksi pertanian di Ponorogo akan meningkat. Giri mengungkapkan untuk pertanian saat ini surplus 214 ribu ton per tahun. Sehingga waduk Bendo akan mengintervensi lebih hasil pertanian dan menjadi solusi problematika selama ini bisa teratasi.

“Waduk Bendo selain untuk irigasi dan penanggulangan banjir, juga sebagai penyangga air baku,” pungkasnya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar