Politik Pemerintahan

Mini Lockdown, Pemkot Malang Minta Hotel Taat Aturan

Wali Kota Malang bersama Kapolresta Malang Kota dan Dandim 0833 Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Republik Indonesia memutuskan melakukan mini lockdown. Mereka menutup pintu kedatangan bagi warga negara asing (WNA) sejak 1 sampai 14 Januari 2021 mendatang. Hal ini dilakukan setelah munculnya varian baru virus corona di Inggris.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan berkaitan dengan aturan itu pemerintah meminta pihak hotel untuk mematuhi aturan itu. Sebab, WNA yang berkunjung ke Indonesia pasti bermalam baik di hotel maupun guest house.

“Berkaitan dengan WNA, mereka pasti bermalam, baik di hotel maupun guest house. Saya minta pihak hotel dan guest house melalui Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata) untuk melakukan anjuran sesuai dengan pemerintah pusat,” kata Sutiaji, Rabu (30/12/2020).

Dalam adendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020, pemerintah memperketat Warga Negara Asing (WNA) yang tiba di Indonesia sejak 28 sampai dengan 31 Desember untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR dari negara asal yang berlaku, maksimal 2×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Surat tersebut harus dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC (Indonesia Health Alert Card/Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik) Internasional Indonesia. Jika hasil tesnya negatif, maka WNA melakukan karantina wajib selama lima hari terhitung sejak tanggal kedatangan.

Setelah menjalani karantina selama lima hari, wajib melakukan pemeriksaan ulang RT-PCR. Apabila hasil negatif maka pengunjung diperkenankan meneruskan perjalanan. Sementara, untuk perjalanan WNA ke Indonesia dikecualikan bagi kunjungan resmi pejabat setingkat menteri ke atas dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Kami jalankan semua sesuai dengan aturan, mau tidak mau harus dilakukan karena kami merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat. Yang diperbolehkan hanya untuk urusan kedinasan,” tandasnya. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar