Peristiwa

Santap Ikan Buntal, Tiga Orang di Banyuwangi Meninggal

Banyuwangi (beritajatim.com) – Tiga orang di Banyuwangi mati dikabarkan meninggal secara mendadak usai menyantap ikan buntal. Mereka adalah pasangan suami istri Muhlis Hartono (66) Dewi Ambarwati (58) serta Siti Habsah (80) ibu mertua asal Desa Alas Buluh, Kecamatan Wongsorejo.

“Hari ini tiga orang meninggal dunia diduga akibat keracunan ikan. Satu lelaki dua wanita,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin, Selasa (10/3/2020).

Asal mula korban tewas, karena diduga mengalami keracunan ikan buntal yang disantapnya. Ikan itu didapat dari hasil mancing salah satu korban. “Ikan buntal didapatkan dari memancing di laut pada Senin, 9 Maret 2020. Muhlis Hartono memang dikenal suka memancing. Ikan tersebut kemudian dimasak dengan kuah santan. Hari Senin, mereka sempat memakan ikan tersebut, namun tidak sampai berakibat fatal,” katanya.

“Tanggal 10 Maret 2020, ikan tersebut dimakan kembali. Sehingga menimbulkan sakit perut yang berkepanjangan,” sambung Arman.

Usai makan itulah, ketiga korban sempat mengalami muntah-muntah dan dibawa ke Puskesmas. Ketiganya juga sempat mendapat penanganan medis.

“Mereka dinyatakan meninggal dunia. Petugas kami di lapangan langsung melakukan olah TKP. Ketiga korban dilakukan pemeriksaan luar. Kami menyita sisa ikan yang sudah dimasak untuk diperiksa di laboratorium forensik,” terangnya.

Beruntung satu orang keluarga selamat dalam kasus keracunan ini. Ia selamat lantaran tidak ikut makan ikan tersebut. “Ada satu anak berusia masih 10 bulan selamat karena dia tidak ikut makan ikan itu,” kata Ahmad Shoifulloh, salah seorang kerabat korban. [rin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar