Peristiwa

PLN Targetkan Aliran Listrik di Desa Terdampak Angin Nyala 100 Persen

PLN Kota Batu melakukan perbaikan di tiga desa terdampak angin puting beliung.

Malang(beritajatim.com) – Manager Unit Layanan Pelanggaan PLN Batu, Helmi Ardiyansyah menargetkan aliran listrik di tiga desa terdampak angin puting beliung yakni, Desa Sumberbrantas, Desa Gunungsari dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu nyala 100 persen pada Selasa (22/10/2019).

Angin puting beliung yang terjadi sejak Sabtu, (19/10/2019) telah merusak berbagai fasilitas umum, diantaranya empat unit tiang listrik milik PLN roboh. Akibatnya selama tiga hari sejak Sabtu, hingga Senin, (21/10/2019) tiga desa ini tidak mendapat aliran listrik.

“Tiang PLN tegangan menengah ada tiga titik yang roboh sampai Tahura R Soerjo. Tiang tegangan rendah satu titik. Sabtu mati kemudian sempat menyala, Minggu mati total secara keseluruhan di tiga desa ini. Kini sedang diperbaiki,” ujar Helmi.

Helmi menuturkan, perbaikan tiang listrik yang roboh sudah hampir rampung. Dia mengungkapkan penyebab utama aliran listrik mati bukan karena pemadaman PLN, namun karena kabel terkena pohon tumbang, hingga tiang listrik roboh diterpa angin kencang.

Bahkan, pada Minggu malam aliran listik sempat padam hingga posko pengunsian di Desa Punten, Kota Batu. Namun, PLN segera memperbaiki agar posko pengungsian mendapat aliran listrik. Sedangkan total kerugian belum diinventarisir oleh PLN.

“Memang aliran terputus karena tiang listrik roboh dan kabel terputus tertimpa pohon. Kita targetkan hari ini 100 persen diseluruh desa kembali menyala, agar masyarakat kembali mendapat aliran listrik,” tandas Helmi. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar