Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Gus Muhdlor Apresiasi BPJS Kesehatan Buka Posko Mudik Lebaran 2022 di Terminal Purabaya Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran 2022 dengan aman dan nyaman, BPJS Kesehatan menghadirkan posko mudik di tujuh titik padat mudik.

Salah satunya dibuka Terminal Purabaya Bungurasih Sidoarjo Selasa (26/4/2022). Pembukaannnya dihadiri Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP bersama direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor mengapresiasi pembukaan posko mudik tersebut. Langkah BPJS ini dinilainya sebagai upaya mengakomodir kebutuhan pemudik agar dapat menjalani mudik lebaran tahun ini dengan aman dan nyaman.

“Dibukanya Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Purabaya Bungurasih ini sangat tepat waktunya untuk mensukseskan mudik lebaran yang diprediksi pemerintah memperkirakan kurang lebih 85,5 juta orang yang akan berlangsung pada 28 April 2022 mendatang,” katanya.

Gus Muhdlor menambahkan Terminal Purabaya Bungurasih merupakan terminal penghubung dari Jawa bagian Barat menuju Jawa bagian Timur, Bali ataupun sebaliknya. Oleh karenanya dirinya berharap posko mudik kali ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Bila lelah bisa memanfaatkan pijat refleksi, pelayanan kesehatan, obat-obatan, dan mendapatkan informasi serta memahami hak yang diterima dan kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai peserta JKN-KIS,” anjurnya.

Sementara itu Direktur Teknologi informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan menjelaskan bahwa Posko Mudik BPJS Kesehatan hadir mulai 26 April-1 Mei 2022. Kemudian dibuka kembali selama arus balik lebaran mulai 4-8 Mei 2022.

Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

“Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi Covid-19. Untuk mendukung kelancaran, keamanan, dan kenyamanan pemudik, kami menghadirkan beragam layanan di Posko Mudik BPJS Kesehatan, tentu dengan tetap mengedepankan standar protokol kesehatan. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya,” jelas Edwin.

Selain itu, Edwin menambahkan bahwa pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif. Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 0811 8165 165.

“PANDAWA Terintegrasi ini sudah diimplementasikan sejak Februari 2022 dan siap melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta JKN-KIS bisa dilakukan di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” terang Edwin.

Untuk diketahui Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans. Sedangkan tujuh titik Posko Mudik BPJS Kesehatan berada di Terminal Pulogebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma Km 260B Brebes, dan rest area Cipali Km 164B Majalengka. (isa/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar