Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Catat, Ini Syarat Penerima Vaksin Booster di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Plt. Kepala Dinas Kesehatan Amir Hidayat mengatakan, vaksinasi dosis ketiga di Banyuwangi dimulaiĀ  12 Januari 2022 serentak di seluruh kecamatan.

“Ini kami lakukan beriringan dengan vaksinasi anak. Untuk vaksinasi anak telah mencapai 65 persen. Kami terus menggenjot pelaksanaannya sehingga seluruh sasaran bisa tuntas,” ujar Amir, Minggu (16/1/2022).

Vaksinasi booster ini menyasar 197.793 lansia dan 570.536 masyarakat rentan pada tahap awal. Syaratnya, penerima telah divaksin primer lengkap (dosis satu dan dua), dengan jarak penyuntikan vaksin tahap kedua minimal enam bulan.

“Jika jaraknya belum sampai enam bulan, e-ticket tidak akan keluar. Artinya warga belum bisa disuntik booster. Ini sudah tercatat dalam aplikasi pedulilindungi,” kata Amir.

Selain dua kelompok tersebut, lanjut Amir, vaksinasi booster juga dibuka untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas, dengan ketentuan yang sama. “Memang target utamanya adalah lansia dan masyarakat rentan. Namun bagi siapa saja yang telah memenuhi persyaratan juga bisa langsung datang ke tempat layanan vaksinasi terdekat,” ujarnya.

Amir menambahkan, vaksinasi booster ketiga akan terus digelar secara bertahap, menyesuaikan dengan droping dan ketersediaan dosis vaksin dari pemerintah pusat. Amir menyebut, persediaan vaksin untuk keperluan booster saat ini sangat mencukupi. “Vaksin di Banyuwangi mencukupi untuk keperluan booster,” terangnya.

Di Banyuwangi hingga 14 Januari 2022, capaian vaksinasi dosis satu untuk masyarakat umum telah mencapai 87,19 persen; dan untuk lansia mencapai 73,58 persen. Artinya telah melampaui ketentuan Kemenkes. [rin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar