Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Tembus 376 Orang, Rutan Sampang Kelebihan Penghuni

Foto ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sampang, Madura, kelebihan kapasitas jumlah penghuninya karena tembus hingga 376 orang. Padahal, Rutan tersebut hanya memiliki kapasitas penampungan baik tahanan maupun narapidana sebanyak 165 orang.

Kepala Rutan Sampang, Gatot Tri Raharjo menjelaskan, Rutan Kelas II B Sampang memiliki 17 kamar dengan menampung tiga ratus lebih tahanan. Setiap kamar, jumlah tahanan bervariasi. Bahkan ada kamar yang sampai dihuni 30 orang lebih. “Ya kadang kita dilematis, karena jika over kapasitas begini, tidak akan maksimal,” terangnya, Minggu (13/2/2022).

Gatot menambahkan, penghuni Rutan terbagi dari narapidana laki-laki, perempuan, dan anak-anak. “Keseluruhan penghuni Rutan Sampang didominasi oleh narapidana pria dewasa,” tegasnya.


Masih kata Gatot, meski dengan kondisi tersebut, pihaknya tetap berupaya menjamin keamanan dan kondusifitas di dalam lapas. “Kami tetap mengedepankan pelayanan dan menjaga kondusifitas Rutan,” tandasnya. [sar/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar