Pendidikan & Kesehatan

Pulang dari Karantina Virus Corona, 7 Warga Kota Malang Dijamin Sehat

WHO memperingatkan penyebaran virus corona menyimpan potensi wabah yang jauh lebih besar. [Foto: Getty Images/BBC]

Malang (beritajatim.com) – Dari total 65 warga Jawa Timur yang telah menjalani masa karantina selama 14 hari di Natuna Kepulauan Riau, 7 di antaranya merupakan warga Malang. Mereka menjalani karantina karena dievakuasi dari Wuhan, China tempat dimana virus corona pertama kali diidentifikasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif mengungkapkan seluruh warga Indonesia yang telah menjalani karantina dipastikan bebas dari virus corona termasuk 7 warga Malang. Tetapi pihaknya tetap bakal melakukan pemantauan terhadap 7 warga Malang ini.

“Bagi warga yang telah melalui proses observasi di Natuna, maka dapat dipastikan telah aman karena karantinanya sudah sesuai SOP internasional. Dan kalau sudah layak dipulangkan, Insya Allah sudah aman,” ujar Husnul, Jumat (14/02/2020).

Dinkes Kota Malang, katanya siap menjalankan intruksi sesuai arahan dari pemerintah pusat. Diantaranya melakukan pemantauan. Selain itu, Dinkes juga menyarankan 7 warga itu untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama berada di lingkungan rumahnya.

“Karena pemantauan awal sudah dilakukan di Natuna, maka kita mengamati. Kemudian, kami juga menganjurkan supaya berperilaku hidup bersih dan sehat selama berada di rumah masing-masing, rutin cuci tangan setelah beraktifitas,” tandas Husnul. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar