Iklan Banner Sukun
Ragam

Pola Pikir Dinamis yang Perlu Dikembangkan untuk Membangun Karir

(Foto: Saulo Mohanna, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Membangun karir bisa dengan berbagai cara, sebab karir bukanlah hal yang instan perlu proses panjang agar bisa meraih kesuksesan. Salah satu cara ampuh dalam mengembangkan karir dengan membangun pola pikir dinamis.

Studi telah membuktikan jika dengan menerapkan pola pikir yang dinamis dapat berperan penting dalam perjalanan meniti karier sesuai aspirasi. Growth mindset atau pola pikir dinamis diartikan sebagai pola pikir ketika minat dan bakat merupakan hal yang dapat dikembangkan.

Pola pikir ini akan membuat individu selalu semangat mempelajari hal yang baru dan terus berusaha mengembangkan diri. Dalam membangun karier, penting menerapkan pola pikir yang dinamis (growth mindset).

Memang tidak ada individu yang sepenuhnya menerapkan growth mindset. Namun, yang terpenting adalah keinginan untuk terus berkembang menjadi yang lebih baik. Guna menerapkan pola pikir dinamis bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

Pertama, selalu menjadi individu yang melihat hal baru sebagai tantangan dan kesempatan.

Ketika berjumpa dengan hal yang baru jangan langsung merasa takut. Anda mesti melihat hal itu sebagai sebuah kesempatan sekaligus tantangan agar bisa melewatinya. Sebab, pola pikir dinamis akan selalu tertantang dengan hal baru.

Kedua, fokus pada proses dan menghargai setiap usaha

Tidak ada sesuatu yang instan dalam meraih sesuatu. Termasuk saat mengembangkan karir perlu proses panjang guna meraih kesuksesan. Jangan lupa untuk menghargai setiap usaha yang telah dilakukan agar bisa semangat kembali saat berusaha untuk hal lain.

Ketiga, gigih dalam mencari solusi terbaik dari setiap permasalahan.

Saat menghadapi sebuah masalah jangan mudah menyerah dengan keadaaan. Terus gigih guna mencari solusi sehingga bisa terbebas dari masalah. Sebab masalah itu harus dihadapi agar bisa menerapkan pola pikir dinamis secara baik.

Keempat, terbuka atas kritik yang membangun.

Dalam setiap proses yang dilakukan pasti tidak terlepas dari kesalahan. Anda mesti terbukti dari datangnya kritik, karena itu akan membantu Anda untuk lebih baik.

Kelima, jadikan pencapaian orang lain sebagai teladan dalam menggapai mimpi.

Belajar dari orang lain itu perlu, tapi jangan sampai merasa iri. Lakukan hal itu sebagai motivasi untuk lebih baik sehingga bisa menggapai apa yang dicita-citakan.

Pada dasarnya menerapkan pola pikir dinamis itu akan sangat berguna bagi jenjang karir. Salah satunya kuncinya Anda perlu melakukan itu secara konsisten. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar