Ragam

Jin BTS Dikabarkan Berangkat Wamil pada 13 Desember, Begini Pernyataan Pihak Agensi

Potret Jin BTS. (Sumber foto: Instagram/@jin)

Surabaya (beritajatim.com) – Telah beredar kabar dari sejumlah media Korea Selatan bahwa Jin BTS akan memulai wajib militer (wamil) pada 13 Desember 2022. Ia disebut akan mengawali wamil di pusat pelatihan perekrutan, Yeoncheon, Gyeonggi, Korea Selatan.

Setelah menyelesaikan pelatihan dasar selama lima minggu, barulah Jin akan mendapat penugasan resminya. Namun kabar itu nyatanya masih simpang siur, dan pihak agensi yang menaungi BTS, BigHit Music juga masih belum bisa memberi konfirmasi.

Akan tetapi, BigHit Music memberikan pernyataan yang tidak dianggap membenarkan atau menyangkal kabar yang tersebar.

“Saat ini kami belum bisa mengonfirmasi kabar tersebut. Kami memohon pengertiannya,” tutur perwakilan agensi, Kamis (24/11/2022).

Sementara itu, BigHit Music telah mengumumkan bahwa personel BTS siap untuk menjalani wajib militer, sejak 17 Oktober lalu. Yang akan diawali dari Jin sebagai anggota tertua.

“Halo, ini Big Hit Music. Kami ingin menginformasikan kepada kalian bahwa BTS telah melakukan persiapan nyata untuk memenuhi kewajiban dinas militer mereka,” tulis pernyataan Big Hit saat itu.

Hingga akhrinya beberapa waktu lalu, pria kelahiran Gwacheon, Korea Selatan tersebut dilaporkan sudah mengajukan dokumen ke Military Manpower Administration (MMA) pada Jumat (4/11), untuk membatalkan penundaan wajib militer. Dengan pengajuan ini, pihak MMA lah yang kemudian bisa memutuskan kapan Jin harus mendaftarkan dirinya.

Sebagai informasi, para member BTS mendapat pengecualian berupa penundaan wajib militer hingga berusia 30 tahun karena pernah mendapat anugerah Order of Cultural Merit dari pemerintah. Sedangkan pemilik nama lengkap Kim Seok-jin itu akan berusia 30 tahun pada 4 Desember mendatang.

Keputusan jadwal Jin BTS mendaftarkan diri untuk wajib militer ini akan dipengaruhi oleh beberapa aspek. Diantaranya sepertu rencana pendaftaran, kebutuhan sumber daya militer, dan jumlah orang yang mengantri untuk wajib militer.

Bila jumlah antrian wamil sedikit, maka pemanggilan akan datang dalam waktu dua bulan setelah pengajuan pembatalan. Jika sebaliknya, pemberitahuan jadwal pendaftaran akan keluar dalam waktu tiga bulan.

Di sisi lain, sebelum berangkat wamil, Jin telah merilis singlenya yang bertajuk The Astronaut pada Oktober lalu. Sehingga diharapkan lagu ini bisa menjadi obat rindu dikala sang idola sedang melakukan tugasnya.

Jin dan enam anggota BTS lainnya dikabarkan akan kembali berkumpul sebagai grup pada tiga tahun mendatang. (mnd/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar