Iklan Banner Sukun
Ragam

Heboh Akun Instagram Lee Do Hyun Di Hack, Ikuti Cara Ini untuk Mencegahnya!

Sumber foto: Cottonbro/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan kasus peretasan akun Instagram Lee Do Hyun yang dilakukan olah seseorang misterius. Berawal pada tanggal 24 Agustus di mana seluruh postingan pada akun @ldh_sky hilang, selanjutnya secara berurutan akun tersebut mengunggah foto-foto aneh seperti gambar tikus, orang asing, dan bendera Brasil.

Aktivitas yang aneh dan mencurigakan, lantas membuat para pengikut Lee Do Hyun menyadari bahwa akun dari pemeran drama Hotel Del Luna itu telah diretas. Beramai-ramai mereka meminta agar sang hacker menghentikan aksinya. Sang hacker pun mengatakan melalui tulisan di sebuah postingan, bahwa ia hanya bermain-main dan membuat lelucon. Ia juga berjanji akan memulihkan kembali akun Lee Do Hyun.

Dari kasus tersebut, kalian harus menyadari bahwa siapapun bisa menjadi korban peretasan. Tak terkecuali kita, meskipun hanya orang biasa dan bukan selebriti. Oleh karenanya, pastikan kalian melakukan hal-hal di bawah ini agar akun Instagram kalian aman dari para hacker!

1. Gunakan password yang rumit dan ubah berkala

Salah satu hal yang wajib kalian lakukan untuk menjaga akun Instagram kalian adalah dengan menggunakan password yang rumit dan kuat. Yakni password yang panjang, kompleks, serta terdiri atas gabungan dari huruf besar, kecil, dan juga angka. Bisa juga menambahkan simbol tertentu agar tidak mudah ditebak.

Pastikan jika password kalian tidak memiliki hubungan dengan data pribadi, seperti alamat, tanggal lahir, nama keluarga, atau nama instansi pendidikan. Jangan lupa untuk selalu mengubah password secara berkala, dan jangan gunakan password yang sama untuk media sosial lainnya.

2. Aktifkan two-factor authentication

Bisa disebut juga sebagai otentikasi dua faktor, fitur ini berfungsi untuk menambahkan lapisan pengaman dari bobolan peretas. Cara kerjanya yakni dengan memverifikasi identitas lewat kode keamanan bagi siapapun yang ingin masuk akun tersebut.

Apabila kalian mengaktifkan fitur ini, maka setiap ada perangkat tak dikenal yang mencoba masuk, maka Instagram akan mengirimkan notifikasi untuk mengkonfirmasi apakah orang tersebut benar kalian.

Caranya adalah dengan membuka Pengaturan > Keamanan > pilih Otentikasi Dua Faktor. Lalu klik memulai dan kalian akan diminta untuk memilih opsi antara Authentication App and Text Message.

3. Amankan akun email

Saat pertama kali membuat akun Instagram, kalian akan diminta untuk menautkan salah satu diantara email atau nomor telepon, atau bisa juga keduanya. Menautkan email akan membuat akun Instagram lebih aman, terlebih juga sudah dilengkapi dengan otentikasi dua faktor dan enkripsi email.

Mengubah password email secara berkala juga sangat penting, karena apabila hacker mengetahui password email kalian, maka tidak hanya Instagram namun semua akun media sosial yang tertaut juga bisa diretas.

4. Jangan “simpan password” ketika login di browser

Salah satu cara hacker melakukan aksinya adalah dengan mengambil cache atau history penelusuran pada sebuah browser. Terutama di device yang digunakan untuk umum seperti warnet. Jika kalian pernah membuka Instagram di device umum, maka pastikan kalian tidak mengklik pilihan “simpan password”, karena jika kalian melakukannya, hacker bisa dengan mudah membuka Instagram kalian tanpa memerlukan password.

Lebih jauh lagi, hacker bisa mengganti password kalian dan mengambil alih akun Instagram kalian. Jika perlu, setelah membuka Instagram di device umum, pastikan untuk menghapus history dari browser tersebut.

5. Jangan gunakan aplikasi tidak jelas

Tidak jarang akun Instagram digunakan untuk masuk ke berbagai jenis situs dan aplikasi. Langka ini memang lebih mudah karena pengguna tidak perlu mengikuti proses pendaftaran, data-data yang diperlukan pun sudah tersedia di Instagram.

Akan tetapi, tidak banyak yang menyadari jika hal tersebut juga membuat akun Instagram lebih mudah dibobol, lantaran sudah tertaut dengan suatu aplikasi. Apalagi jika aplikasi ataupun situs tersebut tidak jelas bahkan mencurigakan. Inilah mengapa kalian harus bijak dalam memilih aplikasi yang hendak digunakan.

Kalian juga bisa mengecek apakan akun Instagram kalian digunakan pada aplikasi berbahaya, yakni dengan login melalui browser komputer, pilih Pengaturan > Aplikasi dan Website. Pada menu tersebut kalian bisa melihat daftar situs dan aplikasi yang mengakses akun Instagram kalian. Apabila tampak mencurigakan, klik tombol “Revoke Access” untuk memutus akses.

Kalian tentu ingin berselancar di media sosial dengan aman bukan? Maka pastikan kalian lakukan hal-hal di atas ya! (mnd/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar