Iklan Banner Sukun
Ragam

6 Kebiasaan Frugal Living yang Dapat Membantu Milenial Cepat Kaya, Nomor 1 Jarang Dilakukan

Ilustrasi memilih barang ketika berbelanja. (pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mencoba hidup hemat ala ‘Frugal Living’ yang banyak dibicarakan milenial tentu membutuhkan keterampilan dan cara tersendiri. Cara yang paling tepat untuk bisa hidup hemat adalah dengan membentuk kebiasaan yang dapat memberikan manfaat langsung kepada kita dalam mengelola pengeluaran.

Ada delapan kebiasaan yang harus dibiasakan kaum milenial agar bisa berhemat. Cara-cara ini dapat dipelajari dalam hitungan hari dan dijadikan kebiasaan baru selama beberapa minggu. Bahkan jika bisa konsisten maka kita bisa segera mendapatkan manfaatnya terutama untuk mengelola keuangan.

Namun sebelum itu, kita bahas dulu mengenai Apa itu hidup hemat ala Frugal Living? Frugal Living adalah gaya hidup hemat yang menjadikan seseorang sebisa mungkin untuk memprioritaskan kebutuhan dan mengontrol keinginannya. Dalam artian lain, seseorang harus sangat berhati-hati dalam memutuskan pengeluaran.


Perlu digarisbawahi bahwa hidup hemat bukan berarti harus membelanjakan uang sesedikit atau semurah mungkin. Namun lebih kepada mengajarkan kita untuk bisa memutuskan dengan hati-hati pengeluaran mana yang lebih diprioritaskan, alih-alih membeli barang yang tidak diperlukan.

Berikut ini 6 kebiasaan ala Frugal Living yang dapat membantu kita hidup hemat.

1. Sebelum membeli sesuatu biasakan tahu nilai barangnya

Untuk hidup lebih hemat, kita harus tahu betul seberapa nilai suatu barang. Contohnya bagaimana mungkin seseorang bisa mendapatkan harga mobil yang bagus jika tidak tahu informasi dan promo yang bagus? Biasakan mengajari diri sendiri mengenai perbandingan biaya, terutama sebelum membeli sesuatu atau barang yang mahal.

Tidak masalah meluangkan waktu lebih untuk melihat daftar barang yang dijual, melihat barang serupa dari merek yang berbeda atau mempertimbangkan lokasi yang berbeda.

2. Biasakan mencari alternatif sebelum memutuskan membeli sesuatu

Terkadang orang-orang tidak memperhatikan bahwa kesenangan atau kemudian tidak selalu bersifat statis. Contohnya ketika kita memilih berlibur ke Australia hanya untuk menikmati ombak pantai yang bagus untuk berselancar, padahal di Indonesia sendiri sudah banyak pantai yang memiliki ombak selancar bahkan bertaraf internasional. Atau juga ketika kita memilih makan di restoran mahal sedangkan rasanya sama seja dengan restoran pinggiran atau bahkan sekelas UMKM.

Dengan mencari alternatif lain, kita bisa mendapatkan nilai yang sama dengan harga yang lebih murah.

3. Biasakan menghitung dan menulis daftar kebutuhan

Cobalah untuk membiasakan diri menghitung pengeluaran dan menuliskan kebutuhan untuk jangka panjang. Misalnya jika seseorang ingin membeli mobil bekas, maka harus diperhatikan berapa selisih harga dengan mobil yang baru dan seberapa mahal biaya dalam memperbaiki kerusakan dan pengisian BBM-nya. Jika selisih harga mobil tidak sebanding dengan biaya perawatan dan pengisian BBM dalam jangka waktu tertentu, lebih baik menunggu beberapa waktu lagi agar bisa terbeli mobil yang baru.

4. Beri tahu kepada orang lain bahwa kalian sedang menghemat pengeluaran

Niat dan perilaku hidup hemat harus dibarengi dengan lingkungan yang mendukung. tidak apa-apa untuk berbicara apa adanya dengan teman, keluarga, atau tetangga sekitar bahwa kita sedang belajar menghemat pengeluaran.

5. Belajar memanfaatkan fasilitas yang dimiliki untuk menghasilkan uang tambahan

Jika kamu memiliki fasilitas yang cukup bagus, seperti laptop atau smartphone. Maka cobalah menggunakannya untuk menghasilkan uang tambahan.

Dengan menghasilkan uang tambahan dari fasilitas yang dimiliki, kita bisa belajar bagaimana cara memanfaatkan dengan maksimal barang yang telah dibeli.

6. Mengontrol keinginan untuk sesuatu yang lebih prioritas

Hanya karena seseorang dapat membeli sesuatu bukan berarti ia harus membelinya. Saat kita menginginkan suatu barang, tentukan terlebih dahulu hal-hal apa saja yang dapat dilakukan jika tidak membelinya. Jika kita tetap hidup bahagia dan masih diberikan kemudahan tanpa barang tersebut, lebih baik jangan dibeli. Percaya atau tidak hal ini benar-benar membantu kita menghemat uang.

Itulah 6 kebiasaan hidup hemat ala Frugal Living yang dapat dicoba, terutama bagi milenial. Perlu diingat bagi kamu yang ingin mencobanya harus dilakukan secara konsisten, karena kebiasaan tidak akan menjadi biasa jika tidak dilakukan secara terus menerus. (Kai/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev