Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Percantik Kya-kya Seperti Kampung Pecinan

Surabaya (beritajatim.com) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mempercantik Kawasan Wisata Kya-kya Kembang Jepun. Nantinya, Kya-kya akan memiliki wajah seperti Kampung Pecinan, dengan nuansa warna yang otentik.

Eri mengatakan Kya-kya akan dicat dengan warna-warna yang identik dengan kebudayaan Tionghoa. Di antara warna yang menonjol seperti merah tua dan kuning emas.

“Selain itu ada juga perpaduan warna hijau dan hitam. Jadi nanti setiap nama toko yang ada di Kya-kya akan dibuatkan dari papan,” kata Eri, Sabtu (24/9/2022).


Sejumlah detil akan dihadirkan untuk menguatkan citra Kya-kya yang kental sebagai kawasan Pecinan, seperti papan nama toko. Untuk mewujudkan hal itu, Pemerintah Kota Surabaya tengah berkoordinasi dengan para pemilik toko di Jalan Kembang Jepun.

“Ketika tempat ini dijadikan wisata atau pusat kuliner khas Pecinan, itu akan semakin menarik,” ucap dia.

Program mempercantik Kya-kya ini dijalankan Pemkot Surabaya dengan dukungan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Colouring Live Nippon Paint. Dukungan tersebut diserahkan langsung oleh Asisten General Manager Nippon Paint, Wirya Atmaja kepada Eri di Kya-kya.

Atas program ini, Eri menyampaikan terima kasih kepada Nippon Paint yang telah berpartisipasi terhadap pengembangan kawasan-kawasan lama Surabaya. Eri pun menyatakan ini bukan pertama kalinya Pemkot memberikan perhatian terhadap tempat-tempat bersejarah di Surabaya.

“Kami mewakili seluruh jajaran Pemkot Surabaya matur nuwun kepada Nippon Paint yang selalu hadir memberikan CSR dan telah mencintai Kota Surabaya sepenuh hati,” kata Eri.

Baca Juga:

    Asisten General Manager Nippon Paint, Wirya Atmaja, menyatakan pihaknya menyediakan 125 liter cat khusus untuk Kya-kya. Cat yang digunakan adalah kenis Nippon Weatherbond dan Pylox Basic yang memiliki ketahanan terhadap panas dan hujan.

    Pihaknya mengaku berbangga mendapat kepercayaan dari Pemkot Surabaya untuk turut serta mengembangkan kawasan bersejarah. “Dalam kesempatan ini kami juga berterima kasih telah dipercaya Pemkot turut serta mempercantik kawasan Kya-kya,” kata dia.

    Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Surabaya, Irvan Wahyudrajad menyatakan program mempercantik Kya-kya segera dimulai dalam dua pekan ke depan. Dia menjamin Kya-kya akan punya wajah baru yang sangat mirip dengan aslinya sesuai keinginan Wali Kota Eri Cahyadi.

    “Pak Wali ingin dicat semirip mungkin dengan aslinya, seperti Kampung Pecinan di Tiongkok. Rencananya dua minggu lagi,” terang Irvan. [asg/beq]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar