Politik Pemerintahan

Pemprov Jatim akan Usulkan Sanksi untuk Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) – Mosi tidak percaya aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Jember terhadap Bupati Faida langsung dibahas oleh Kepala Inspektorat Jawa Timur Helmy Perdana Putra bersama Wakil Bupati Abdul Muqiet Arief dan Sekretaris Daerah Mirfano, di Kantor Badan Koordinator Wilayah, Rabu (30/12/2020) siang.

Kebetulan mosi tidak percaya yang dilakukan pagi ini bertepatan dengan kehadiran Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk kunjungan kerja terkait Covid-19. Selain menyampaikan mosi tidak percaya atas kepemimpinan Bupati Faida, para ASN menolak semua kebijakan Bupati Faida yang bertentangan dengan ketentuan perundangan. Mereka juga memohon Presiden RI untuk mencabut kewenangan bupati Jember selaku pejabat pembina kepegawaian sebagaimana dimaksud berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2020.

Menurut Helmy, mereka membahas status pengangkatan pelaksana tugas dan pembebastugasan sejumlah pejabat oleh Faida. “Ini semua ilegal. Pejabat definitif tidak boleh diganti, kecuali melakukan pelanggaran. Itu pun harus melalui proses, terbukti pelanggarannya apa. Ini tanpa suatu apapun tiba-tiba (dicopot), tidak boleh,” katanya.

Helmy juga mengingatkan, pada akhir tahun anggaran, tidak boleh ada pelaksana tugas yang menandatangani proses pencairan keuangan. “Kami akan segera kembalikan dan nyatakan bahwa ini ilegal, dan dikembalikan ke pejabat defnitif. Pelaksana tugas tidak punya kewenangan apapun,” katanya.

“Ibu (Gubernur) melihat ini sudah pelanggaran berat,” kata Helmy. Gubernur akan menjalankan perintah undang-undang untuk mengatasi persoalan di Jember. Gubernur akan memberikan usulan sanksi terhadap Bupati Faida kepada Mendagri. Apalagi Mendagri memantau situasi di Jember. Helmy akan segera membuat laporan.

Sementara itu, Bupatu Faida menolak berkomentar soal mosi tidak percaya ASN itu. Saat mendampingi gubernur dalam kunjungan ke RS Paru, ia memilih bungkam. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk