Politik Pemerintahan

Maju Calon Presidium KAHMI Jawa Timur, Inilah Visi Misi Haruna Sumitro

Haruna Sumitro (kanan). [Foto/dok beritajatim]

Surabaya (beritajatim.com) – Nama Haruna Sumitro masuk dalam bursa calon Presidium Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Jawa Timur dalam Musyawarah Wilayah ke-5 yang digelar pada 28-30 Mei 2021 di Sarangan Magetan Jawa Timur.

Selama ini publik mengenal Haruna sebagai tokoh sepakbola di tataran regional hingga nasional. Dia memimpin Madura United (MU) serta menjadi Eksekutif Commete Persatuan Sepak Bola Indonesia (Esco-PSSI).

Namun di era 1990-an, Haruna adalah aktivis mahasiswa yang kritis. Dia menjabat Sekretaris Umum (Sekum) HMI Cabang Jombang. Di masa itu, bersama aktivis lainnya Haruna pernah melakukan demonstrasi yang dikenal dengan Trituma (Tiga Tuntutan Mahasiswa). Haruna mengkritisi kebijakan kampus yang tidak berpihak ke mahasiswa.

“Itu awal 1990-an. Demonstrasi pertama di Undar dengan isu Trituma. Salah satu tokoh penggeraknya adalah Mas Haruna Sumitro. Pada pemilu 1999, beliau terpilih menjadi anggota DPRD Jawa Timur,” ujar Tarnoto Kicas, mahasiswa Undar angkatan 1988, Rabu (26/5/2021).

Terpisah, Haruna menyatakan kesiapannya maju sebagai presidium KAHMI dalam Muswil ke-V di Magetan. Untuk itu, dirinya mengusung sederet visi dan misi. Misi yang dimaksud di antaranya mewujudkan kualitas insan cita yang bernafaskan Islam dan turut bertanggung jawab dalam terciptanya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi ALLAH SWT dalam NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sedangkan visi yang diusung Haruna ada enam item. Meliputi; memelihara dan meningkatkan persaudaraan sesama anggota KAHMI khususnya di Jatim; meningkatkan dan memelihara hubungan timbal balik KAHMI dan HMI; memperkuat ukhuwah islamiyah antar umat; meningkatkan peran kecendikiawanan dalam memajukan IPTEK, interpreeurship dan Inovasi.

“Selain itu juga memelihara dan meningkatkan kualitas institusi, sarana dan prasarana kelembagaan, serta meningkatkan peran serta dalam berbagai bidang pembangunan regional Jawa Timur,” kata Haruna dalam siaran persnya. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar