Peristiwa

Sugiri Sancoko: Silaturahmi Lebaran Boleh Tapi Jangan Jabat Tangan

Bupati Sugiri Sancoko (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemerintah sudah melarang mudik lebaran ke kampung halaman. Meskipun begitu, tradisi silaturahmi bertamu ke rumah saudara atau tetangga saat lebaran di Ponorogo diperbolehkan. Sinyal lampu hijau diutarakan oleh orang nomor satu di bumi reyog, Bupati Sugiri Sancoko. Dia tidak akan menghapus tradisi silaturahmi lebaran tahun ini.

“Silaturahmi lebaran tetap boleh,” kata Sugiri Sancoko, Selasa (27/4/2021).

Meski memperbolehkan, namun Sugiri juga menggarisbawahi harus dengan beberapa persyaratan yang harus dilakukan oleh masyarakat. Yakni harus dilakukan dengan protokol kesehatan (protkes) yang ketat. Selain itu, untuk mencegah penularan Covid-19, kebiasaan jabat tangan untuk ditiadakan.

“Tidak boleh jabat tangan, hanya sekedar say helo sambil berjalan gitu,” katanya.

Hal tersebut dimaksudkan supaya tidak terjadi kerumunan warga dalam satu lokasi. Selain itu dalam bersilaturahmi, harus mempertimbangkan waktu juga alias tidak boleh terlalu lama.

Pemkab Ponorogo juga selaras dengan Pemerintah pusat, dengan mendukung larangan mudik. Kang Giri sapaan karib Sugiri Sancoko memyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi pemudik. Screening awal genose dan rapid antigen covid-19 pun juga telah disiapkan untuk masyarakat yang nekat mudik ke kampung halaman.

“Harapan kami ya semoga tidak ada penyebaran Covid-19 yang tinggi pasca ada larangan mudik ini,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar