Peristiwa

Pura-pura Beli Mukenah, Bapak-bapak Embat HP Karyawan Toko di Mojokerto

Cupture CCTV Toko Zakiah di Jalan Niaga Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Aksi pencurian Handphone (HP) milik salah satu karyawan Toko Zakiah di Jalan Niaga Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto terekam CCTV. Pelaku pura-pura beli mukenah, saat karyawan mencarikan barang yang diminta, pelaku mengambil HP di meja kasir.

Aksi bapak-bapak tersebut terekam CCTV toko tepat di belakang meja kasir. Kejadian tersebut sendiri terjadi pada, Selasa (29/09/2020) sekira pukul 14.50 WIB. Pelaku datang seorang diri dengan menggenakan kaos lengan pendek warna, celana panjang warna hitam dan peci berwarna hijau.

Dalam rekaman CCTV terlihat, seorang karyawan perempuan tenggah melayani permintaan pelaku yang berpura-pura membeli mukenah. Setelah dapat, karyawan mengarahkan ke meja kasir dengan HP milik korban di atas meja kasir. Namun karena pelaku meminta dua mukenah, maka korban kembali mencarikan.

Saat korban mencari mukenah yang diminta, kesempatan tersebut digunakan pelaku untuk mengambil HP milik korban. Dalam rekaman CCTV di depan toko, terlihat pelaku keluar toko dan memesan becak yang ada di depan toko untuk mengantarkannya. Terlihat pelaku cukup hati-hati saat meninggalkan toko.

Karena saat pesan becak, tukang becak masih memutar becak miliknya, pelaku bergegas dari depan toko. Sebelum naik becak pun terlihat pelaku masih melihat ke arah dalam toko sebelum akhirnya pelaku naik becak dan meninggalkan toko busana muslim tersebut.

Korban karyawan Toko Zakiah, Wahyu Indah Purnama (21) mengatakan, saat kejadian ia menjaga toko sendiri tiba-tiba pelaku datang. “Dia (pelaku) minta dicarikan mukenah. Awalnya beli satu, setelah dapat lalu minta satu lagi,” ungkapnya, Kamis (1/10/2020).

Masih kata karyawan toko asal Desa Wonokusumo, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto ini, ia kemudian mengambilkan mukenah lagi. Namun, pelaku tidak mengikutinya melainkan tetap di tempat kasir. Setelah ia mengantar mukenah, pelaku mengatakan tidak jadi membeli.

“Setelah itu, bapak itu bilang tidak jadi beli dan meninggalkan toko. Saya tidak tahu kalau pas meninggalkan toko sudah bawa HP saya. Saya sadar setelah saat mau ngerjain tugas kuliah cari HP saya tidak ada. Di telepon juga tidak aktif, jadi saya mikir dicuri orang itu,” katanya.

Melihat HP miliknya raib, ia kemudian melaporkan kejadian tersebut ke pemilik toko. Dan benar dari rekaman dua CCTV toko terlihat pelaku mengambil HP milik korban dan setelah berhasil kemudian meninggalkan toko dengan naik becak.

“HP saya yang diambil itu merk Oppo, ya sekitar Rp2 jutaan harganya. Kejadian ini, tidak saya laporkan ke polisi,” pungkasnya. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar