Peristiwa

Kunjungi Pesantren Tambakberas, Kapolda Jatim-Pangdam V/Brawijaya Minta Doa Restu

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta melakukan tabur bunga di makam pahlawan nasional yang juga pendiri NU, KH Wahab Chasbullah, Senin (30/11/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatum.com) – Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengunjungi dua pesantren di Jombang, Senin (30/11/2020). Kunjungan pertama ke pesantren Tebuireng, kemudian dilanjutkan ke PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang.

Di masing-masing pesantren tersebut, Kapolda Jatim dan Pangdam V/Brawijaya menyempatkan berziarah ke makam pendiri NU. Yakni di makam Hadratussyaikh Hasyim Asyari, KH Wahid Hasyim, serta KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kemudian di PPBU Tambakberas, rombongan berziarah ke makam KH Wahab Chasbullah.

Rombongan juga melakukan tabur bunga di makam para kiai tersebut. Di Tebuireng Kapolda Jatim dan Pangdam V/Brawijaya disambut pengasuh pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Pengganti almarhum KH Salahuddin Wahid itu mengalungkan sorban kepada tamu tersebut sebagai ucapan selamat datang.

Rombongan kemudian melakukan pertemuan di dalem kasepuhan. Acara di akhiri dengan ziarah ke makam pendiri NU yang ada di komplek pesantren tersebut. Begitu juga ketika rombongan mengunjungi PPBU Tambakberas. Dua tokoh Jatim tersebut disambut sejumlah pengurus yayasan.

Di antaranya Ketua Yayasan Bahrul Ulum KH M Wafiyul Ahdi atau Gus Wafi, kemudian KH Hasib Wahab, serta Gus Aam atau Sholahul Am Notobuwono. Hadir pula Wakil Bupati Jombang Sumrambah, serta Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho.

Sebelum memasuki makam keluarga Tambakberas, Kapolda Jatim dan Pangdam V/Brawijaya mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan. Mereka juga mengenakan masker. Di depan pusara Kiai Wahab yang juga pahlawan nasional ini Kapolda beserta rombongan melakukan tabur bungan dan doa bersama.


Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto melakukan tabur bunga di makam keluarga pesantren Tebuireng Jombang, Senin (30/11/2020)

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, kunjungannya ke sejumlah pesantren tersebut dalam rangka silaturahmi. Tujuannya, minta doa restu ke kiai guna menyukseskan tugas-tugas, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Saya selaku warga baru di Jatim melakukan silaturahim ke pesantren Tambakberas untuk merekatkan hubungan. Sehingga tugas-tugas ke depan semakin sukses. Karena bagi kami pesantren Tambakberas merupakan poin penting,” ujar Kapolda Jatim.

Hal serupa juga dikatakan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto. Menurutnya, kedatangannya ke Tambakberas intinya silaturahmi, mengenalkan diri, serta minta doa restu. Sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas ke depan bisa lancar, aman dan sukses.

“Saya dan Pak Kapolda ini kan orang baru di Jatim. Jadi kita datang ke sini mengenalkan diri dan minta doa restu. Sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas bisa lancar, aman dan sukses,” kata Mayjen TNI Suharyanto, usai ramah tamah di dalem kasepuhan PPBU. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar