Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kali Lamong Meluap, 3 Desa di Mojokerto Terendam

Air Kali Lamong meluap ke tiga desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Debit air Kali Lamong di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto mengalami peningkatan, Kamis (10/2/2022). Akibatnya, puluhan rumah di tiga desa di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto terendam air.

Tiga desa yang terendam luapan Kali Lamong yakni Talunbladong, Pulorejo dan Desa Banyulegi. Dua dusun di Desa Talunbladong, dua dusun di Desa Pulorejo dan satu dusun di Desa Banyulegi. Ada puluhan rumah di tiga desa tersebut terendam  banjir.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Joko Supangkat mengatakan, Pusdalops menerima laporan informasi kejadian dari salah satu perangkat desa setempat.

“BPBD Kabupaten Mojokerto menuju ke lokasi untuk melakukan assessment atau kaji cepat. Ada tiga desa yang terendam luapan Kali Lamong, yakni Desa Talunbladong, Desa Pulorejo dan Desa Banyulegi,” ungkapnya, Kamis (10/2/2022).

Masih kata Joko, debit Kali Lamong meluap akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Mojokerto serta kiriman air dari wilayah hulu sungai. Akibatnya debit Kali Lamong mengalami peningkatan secara signifikan.

“Dua anak Kali Lamong yang melintasi 2 desa yaitu Desa Talunblandong dan Desa Pulorejo meningkat. Air luapan Kali Lamong mulai menggenangi pemukiman warga sekira pukul 21.00 WIB. Tercatat, ada 61 rumah warga di 3 desa tersebut yang terendam,” jelasnya.

Ada 61 rumah warga di tiga desa tersebut terendam air dengan ketinggian antara 10 cm sampai dengan 50 cm. Kabid Kedaruratan dan Logistik menegaskab bahwa hingga Kamis pagi kondisi air yang merendam rumah warga dan jalan desa belum surut. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar