Peristiwa

Tega, Bayi Perempuan Dibuang di Jalan Sepi

Bayi mungil yang dibuang saat dalam perawatan di Puskesmas Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban.[foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga Dusun Banjarjo, Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban digegerkan dengan adanya sesosok bayi mungil yang dibuang dan ditemukan oleh warga di pinggir jalan kampung yang sepi desa setempat, Kamis (18/3/2021) pagi.

Saat ditemukan oleh warga, bayi dengan jenis kelamin perempuan tersebut masih dalam keadaan hidup dan dibungkus dengan selimut kain yang ditaruh begitu saja di pinggir jalan. Kini bayi yang masih hidup tersebut sudah dievakuasi dan ditolong oleh pihak medis untuk dilakukan perawatan.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, bayi dengan jenis kelamin perempuan itu pertama kali ditemukan oleh Setyo Budi, warga setempat yang saat itu hendak pergi mencari sarapan. Pada saat melintas di jalan yang sepi dan dekat dengan pohon-pohon bambu tersebut dia mengetahui adanya sesosok bayi bungkusan kain jarik yang ada di pinggir jalan.

“Tadi pertama ditemukan oleh warga yang saat itu sedang melewati jalan itu,” terang IPTU Dean Tommy Rimbawan, Kapolsek Rengel, Polres Tuban saat dikonfirmasi adanya penemuan bayi yang dibuang itu.

Setelah ditemukan, sejumlah warga langsung membawa bayi mungil tersebut ke bidan desa yang berada tak jauh dari lokasi. Bayi yang ditemukan dengan kondisi ditutupi selimut dan juga kain jarik itu langsung dilakukan perawatan oleh Bidan Desa yang berada di Puskesmas Pembantu Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Tuban itu.

“Tadi pagi sekitar jam tujuh ada bayi yang dibawa oleh beberapa warga ke Puskesmas Pembantu Banjaragung. Saat dibawa kondisi bayi sudah menggunakan pakaian lengkap seperti ini, pakai topi dan pakai popok dan sudah bersih seperti ini,” terang Dwi Natalia, selaku Bidan Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Setelah sampai di Puskesmas Pembantu itu, kondisi bayi yang masih mungil tersebut langsung dilihat kondisi kesehatannya. Saat diperiksa ternyata bayi dalam kodisi masih baik, namun untuk tali pusarnya dari bayi yang dibuang tersebut sudah dalam kondisi mengeluarkan bau yang tidak sedap dan saat dikejadian sudah ada semutnya.

“Dari informasi pas pertama ditemukan itu, posisi topinya ditutupkan sampai ke hidung. Kita juga tidak tau berapa lama bayi itu dibuang disitu, tapi sudah ada mulai semut datang. Mungkin karena baunya darah masih ada karena dari tali pusarnya,” tambahnya saat berada di Puskesmas Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban.

Sementara itu, petugas kepolisian dari jajaran Polsek Rengel, Polres Tuban yang mendapatkan laporan adanya penemuan bayi itu langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP. Selain itu, untuk bayi yang masih mungil itu kemudian dirujuk ke RSUD dr R Koesma Tuban untuk dilakukan perawatan lebih lanjut karena kondisinya diduga kekurangan cairan.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk