Peristiwa

Diterjang Ombak 4 Meter, Tiga Perahu Nelayan Tuban Tenggelam

Sebanyak tiga kapal motor atau perahu milik nelayan yang sedang bersandar di kawasan pantai Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban tengelam

Tuban (beritajatim.com) – Sebanyak tiga kapal motor atau perahu milik nelayan yang sedang bersandar di kawasan pantai Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban tengelam dan terkubur lumpur bercampur pasir di tepi pantai laut utara Tuban itu, Jumat (29/1/2021).

Perahu-perahu milik nelayan itu tenggelam setelah diterjang gelombang setinggi sekitar 4 meter yang terjadi di kawasan laut tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tenggelamnya perahu milik para nelayan itu, namun kapal-kapal itu mengalami kerusakan parah dan mengakibatkan kerugian puluhan juta rupiah.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, peristiwa gelombang besar itu terjadi di kawasan pesisir Kota Tuban itu pada Kamis malam. Yang mana gelombang besar tiba-tiba menghantam perahu nelayan yang pada saat itu sedang bersandar di tepi pantai itu.

“Gelombangnya besar sekali, tiba-tiba datang. Waktu itu perahu ya sedang sandar semua,” ujar Widodo, salah satu nelayan yang merupakan warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Akibat tak bisa menahan gelombang besar tersebut, tali jangkar yang diikatkan pada perahu-perahu tersebut putus dan membuat perahu terombang-ambing. Para nelayan tidak berani untuk menyelamatkan perahunya lantaran gelombangnya besar.

Sebanyak tiga kapal motor atau perahu milik nelayan yang sedang bersandar di kawasan pantai Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban tengelam

“Waktu itu sedang bersandar, kemudian tali jangkarnya putus. Ada tiga perahu yang tenggelam di laut itu,” tambahnya.

Sementara itu, tiga perahu yang tenggelam dan terkubur lumpur pasir itu diketahui milik Amulin dan Santoso, nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kota Tuban dan satu perahu lain milik Subandi, nelayan asal Kelurahan Kingking, Kota Tuban. Hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung dan baru satu perahu yang sudah berhasil dievakuasi.

“Memang untuk parkir buat perahu nelayan khususnya di Kota Tuban ini masih kurang aman. Kami berharap Pemda Tuban membangun tempat parkir yang aman untuk nelayan di kawasan Kota Tuban ini,” paparnya.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar