Peristiwa

Ditabrak Kapal Pengangkut Batu Bara, Perahu Tenggelam, Nelayan Terlempar ke Laut

Sumenep (beritajatim.com) – Kecelakaan laut terjadi di Perairan Poteran, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Perahu nelayan ‘Sekar’ ditabrak kapal tongkang yang ditarik tugboat. Akibatnya, perahu tenggelam, dan dua nelayan di perahu itupun terlempar ke laut.

“Tapi Alhamdulillah, dua nelayan yang tercebur ke laut itu selamat setelah ditolong oleh awak kapal tongkang yang menabraknya,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Rabu(14/10/2020).

Kecelakaan laut itu berawal ketika Purahman (47) dan Misnawi (70), keduanya warga Desa Esaang, Kecamatan Talango, pergi memancing ikan menggunakan perahu nelayan ‘Sekar’. Mereka memancing ikan di Takat Tembaga, Perairan Poteran, Kecamatan Talango.

Saat kedua korban sedang memancing, tiba – tiba dari arah selatan datang kapal tongkang pengangkut batubara yang di tarik tugboat ‘Regulus’ dengan muatan kosong dari Paiton, Probolinggo akan menuju Banjarmasin.

“Kapal tongkang itu terkena tali dan menabrak perahu nelayan ‘Sekar’. Kedua nelayan itu tercebur ke laut dan perahu tenggelam. Setelah kejadian, kapal tugboat kembali untuk menolong kedua korban dan di evakuasi ke perahu nelayan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian,” terang Widiarti.

Kerugian material pemilik perahu nelayan ‘Sekar’ akibat ditabrak kapal tugboat, diantaranya perahu, kemudian 2 roll jaring dengan panjang 100 meter, 3 jirigen solar @ 20 liter, serta beberapa box ikan @ 20 kg, selain itu juga hand phone Samsung. “Kerugian ditaksir sekitar Rp 50.000,” ujarnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar