Peristiwa

Blokir Jalan dan Bakar Sampah, Mahasiswa Unair Tuntut Potongan UKT 50 Persen

Puluhan mahasiswa Unair saat melakukan aksi menuntut potongan uang kuliah 50 persen tanpa syarat di Jalan Ir Soekarno, Mulyorejo, Surabaya, Rabu (29/7/2020).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya, (beritajatim.com) – Sejumlah mahasiswa dari beberapa fakultas di Universitas Airlangga (Unair) menggelar demo di Jalan Ir Soekarno, Mulyorejo, Surabaya, Rabu (29/7/2020).

Sejumlah mahasiswa juga melakukan pemblokiran jalan di perempatan Unair kampus C dan membakar sampah daun dan ranting pohon. Alhasil, kondisi tersebut membuat kendaraan harus putar balik.

Bobby, mahasiswa Fisip Unair menjelaskan, ada tiga tuntutan dalam aksi mahasiswa tersebut. “Tuntutan petama dan utama adalah potongan 50 persen UKT untuk seluruh mahasiswa unair tanpa syarat. Kemudian tuntutan ini harus disahkan dan dibikin surat keputusan rektor. Supaya bisa dilakukan penerapan secepatnya,” jelas Bobby kepada beritajatim.com.

Selain menuntut penurunan uang UKT, mahasiswa juga meminta transparansi rencana anggaran kampus. Sebab, selama pandemi ini, mahasiswa perwakilan kampus belum memperoleh RAB tersebut. Sehingga, adanya ketidaktransparansian rencana anggaran membuat mahasiswa ragu. Terlebih tak adanya potongan UKT membuat mahasiswa terbebani cukup besar di era pandemi virus.

“Kita juga minta agar ada fasilitas khusus seperti uang pulsa atau paketan. Supaya belajar melalui online tak menambah beban keluarga mahasiswa dan juga mahasiswa,” pungkasnya.

Sejumlah mahasiswa itu sempat akan membakar ban bekas. Namun, pihak kepolisian bisa menghentikan niat tersebut meski akhirnya diganti ranting dan daun untuk dibakar. (man/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar