Peristiwa

6 Titik di Pamekasan Tergenang Banjir

Pamekasan (beritajatim.com) – Sedikitnya 6 (enam) titik di dua kelurahan kecamatan Pamekasan (Kota), tergenang banjir akibat derasnya hujan yang terjadi di wilayah Pamekasan dan sekitarnya, Kamis (24/6/2021).

Dua kelurahan tersebut meliputi Kelurahan Bugih, serta Kelurahan Jungcancang. Bahkan ketinggian air akibat kiriman air dari wilayah pantura Pamekasan, mencapai 1,5 meter.

 

“Intensitas hujan yang terjadi di Pamekasan, mengakibatkan banjir sejumlah titik di wilayah perkotaan. Di antaranya di Kelurahan Bugih dan Jungcancang, Kecamatan Pamekasan,” kata salah satu personil Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono, Jumat (25/6/2021).

Dari dua kelurahan tersebut, terdapat enam titik berbeda yang terkena dampak luapan air sungai. Meliputi 4 titik di Kelurahan Bugih, serta dua titik lainnya di Kelurahan Jungcancang. “Untuk Kelurahan Bugih meliputi Jl Bazar Gang IV, Perumahan Royal Besar, RT 2 RW 4 dan Masaran,” ungkapnya.

“Sementara untuk Kelurahan Jungcancang tersebar di dua titik berbeda, yakni di Jl Gazali dan Jl Sinhaji. Bahkan di Jl Gazali kondisi air meluap dan menggenangi jalan raya,” sambung pria berkumis yang akrab disapa Pak Budi ini.

Kondisi tersebut juga mengakibatkan hampir ratusan warga (kepala keluarga) terkena dampak banjir, sekalipun kondisi banjir tidak berlangsung lama. “Di Kelurahan Bugih sekitar 50an warga terdampak, demikian juga di Jungcancang yang notabene rumah padat penduduk,” jelasnya.

“Kondisi ketinggian air di daerah cekungan atau terdalam, sekitar 1,5 meter di Jl Basar dan Jl Dirgahayu. Sedangkan di Jl Gazali dan Jl Sinhaji terdalam mencapai 80 centimeter (cm),” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, banjir tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan. Tapi di beberapa titik di wilayah Pantura juga mengalami hal serupa akibat derasnya intensitas hujan di wilayah Pamekasan dan sekitarnya. Namun belum ada keterangan resmi dari BPBD Pamekasan, tentang titik banjir di wilayah tersebut. [pin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar