Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

SIFT Universitas Ciputra Surabaya Launching Center of Excellence

School of Information Technology (SIFT) Universitas Ciputra Surabaya melaunching program Intel AI for Future Workforce, Jumat (25/11/2022).

Surabaya (beritajatim.com) – School of Information Technology (SIFT) Universitas Ciputra Surabaya melaunching program Intel AI for Future Workforce, Jumat (25/11/2022).

Melalui program Hibah Matching Fund Kedaireka Dikti, SIFT yang bermitra dengan PT Mitra Integrasi Informatika (PT MII) membentuk Center of Excellence (CoE) di bidang sains data dan kecerdasan buatan bernama Data Science (DS) and Artificial Intelligence (AI) Research Center (DSAIRC).

Dekan SIFT Dr Trianggoro Wiradinata mengatakan, DSAIRC memiliki visi untuk mendorong akselerasi pengembangan ketrampilan sains data dan kecerdasan buatan melalui 3 misi. Pertama, adalah menciptakan dan mengimplementasikan inovasi penelitian.


Kedua, mendorong kolaborasi dengan industri, dan terakhir adalah meningkatkan sumber daya serta ketrampilan sains data dan kecerdasan buatan di masyarakat.

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan sumber daya manusia untuk peningkatan serapan tenaga kerja di Era Ekonomi Digital serta mendukung Strategi Nasional Artificial Intelligence (STRANAS AI) Indonesia 2045,” ujarnya.

Sementara Koordinator Pelaksana DSAIRC Theresia Ratih Saputri PhD menambahkan, bahwa DSAIRC bisa digunakan oleh seluruh civitas akademika SIFT, fakultas lain maupun industri yang memanfaatkan data science dan artificial intelligence untuk saling berkolaborasi melalui research center ini.

School of Information Technology (SIFT) Universitas Ciputra Surabaya melaunching program Intel AI for Future Workforce, Jumat (25/11/2022).

Untuk menjalankan misi tersebut, SIFT dan PT MII sendiri menggandeng Intel Inc. Program Intel AI for Future Workforce dirancang khusus untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa perguruan tinggi. Program ini difasilitasi dengan perangkat Intel Neural Compute Stick 2 senilai Rp 24.000.000 oleh PT. MII.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan sumber daya manusia untuk peningkatan serapan tenaga kerja di era ekonomi digital serta mendukung STRANAS AI Indonesia 2045.

Selain Program Intel for Future Workforce yang baru saja diluncurkan, sejumlah program yang telah dilakukan DSAIRC, antara lain Pengenalan AI pada siswa/i SMP dan SMA, Webinar AI dan Sains Data, dan Pelatihan Sains Data untuk para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya. (ipl/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar