Pendidikan & Kesehatan

Satu Desa di Magetan 12 Orang Positif Covid, 2 Meninggal

Balai Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan. [Foto/Tangkapan layar google street]

Magetan (beritajatim.com) – Sebanyak 12 orang yang tinggal berdekatan di Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan terpapar Covid-19. Dari jumlah itu, 2 orang meninggal dunia. Mirisnya, warga desa tersebut masih diperbolehkan hajatan dan selamatan.

“Di Truneng sampai hari ini ada 12 kasus konfirm. Dua kasus sebelum bulan puasa dan 10 kasus setelah idul fitri,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes Magetan) dr. Rohmat Hidayat kepada beritajatim.com, Minggu (30/5/2021).

Dia menambahkan, kasus tersebut diketahui ketika dilakukan tracing dan swab test di desa tersebut. Dari situ ditemukan 10 warga yang terpapar corona virus disease atau Covid-19. “Hasil tracing ada 8 pasien yang dinyatakan positif swab PCR dan yang 2 test swab antigen,” ungkap dr. Rohmat Hidayat.

Sementara itu, Kepala Desa Truneng Sukirman belum bisa dikonfirmasi terkait pemberian izin menggelar acara keramaian seperti hajatan dan slametan di tengah kasus positif Covid-19 yang tinggi di wilayahnya.

Kepala Sekteraiat Satgas Covid-19 Kabupaten Magetam Ari Budi Santosa ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini sudah PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mikro, jadi kebijakan pemberian izin keramaian ada di pihak satgas desa. “Ini kan PPKM mikro, izin ada di Satgas desa. Tapi dengan kasus seperti ini, saya akan turun langsung besok senin,” tegasnya. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar