Pendidikan & Kesehatan

Peringati Hari Autis Sedunia, Ini Bentuk Dukungan JCI

Junior Chamber International (JCI) East Java menggelar acara Road to Walk For Autism (WFA) 2021 di Pakuwon Mall Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Junior Chamber International (JCI) East Java menggelar acara Road to Walk For Autism (WFA) 2021 di Pakuwon Mall Surabaya, sebagai bentuk dukungan serta untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Indonesia akan pentingnya penerimaan, intervensi dini, terapi, dan pendidikan terhadap anak-anak penyandang autis dan disabilitas.

Andry Tejokusuma, Local President JCI East Java 2021, menjelaskan Walk For Autism (WFA) merupakan sebuah acara tahunan yang diadakan oleh JCI East Java, sebuah organisasi kepemudaan di bawah naungan PBB.

“Tahun 2021 ini merupakan tahun ke-5 diadakannya event WFA, sebagai bentuk nyata dari keinginan JCI East Java untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat,” Terangnya.

Andry melanjutkan, Kegiatan sosial WFA ini digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia, yang jatuh pada tanggal 2 April setiap tahunnya dan untuk menunjukkan kepedulian kami terhadap para sahabat autis.

“Dalam acara ini, Kami (JCI East Java) bekerjasama dengan DharmaWanita Persatuan Surabaya, UNESA, Forum Komunikasi Kepala Sekolah Inklusi Surabaya, dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya,” Imbuhnya.

Andry berharap, lewat acara ini sedikit demi sedikit kepedulian masyarakat terhadap autisme dan sahabat autisme semakin membaik secara signifikan, sehingga berdampak baik dalam segi kuantitas maupun kualitas dalam penanganan terhadap autisme. Serta pemberian peluang yang sama terhadap sahabat autisme juga dapat semakin terbuka lagi.

“Yang jelas Goalny, dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Indonesia akan pentingnya penerimaan, intervensi dini, terapi, dan pendidikan terhadap anak-anak penyandang autis dan disabilitas,” Harapnya.

Selain itu, WFA 2021 juga menjadi ajang pencarian bakat-bakat terpendam yang bisa ditampilkan oleh Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Diharapkan dengan adanya WFA ini, maka akan tercapainya persamaan hak dan kesempatan bagi para ABK yang penting bagi masa depan mereka.

Andry juga menjelaskan, ​Walk For Autism Virtual Day akan menjadi puncak acara WFA 2021 dengan platform Zoom dan YouTube Live pada tanggal 24 April 2021.

Melalui Virtual Day ini, ada berbagai talkshow dari tokoh masyarakat seperti Andy F. Noya, Ketua Dharmawanita Surabaya Bu Iis Hendro, Bu Ratnawati Sutedjo dari Yayasan Founder Precious One, Bu Diah Anggraeny dari Yayasan Peduli Cerebral Palsy, dan Bu Rina selaku ketua Perhimpunan Orang Tua Anak Down Syndrome bersama-sama mengangkat topik “Autism” dan “Anak Berkebutuhan Khusus” ( ABK ) , dengan musik dan berbagai hiburan dari teman-teman pemerhati ABK.

Dalam Road to WFA 2021 pada tanggal 2 April dihadiri oleh Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak , S.E. selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua PERWOSI Jatim dan Ibu Iis Hendro Gunawan, S.H. selaku ketua Dharmawanita Persatuan Surabaya dan PERWOSI Surabaya. Acara ini dibuka dengan pemberian kata sambutan oleh Bu Arumi dan Bu Iis Hendro dan pemasangan kolase batik.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan dance anak-anak tuna rungu dari Fira Modelling Disabilitas (FMD), performa Touch Heart Band yang personilnya adalah anak-anak penyandang autis, pengumuman pemenang lomba topi social distancing, menghias kursi roda, menghias tempat sampah dan Disability Talent Challenge. Acara diakhiri dengan fashion show dari model tuna rungu FMD yang disupport oleh Batikan, Tinara Brides, dan Leciel Design.

Di samping itu, dalam acara ini juga dipajang beberapa hasil karya anak2 autis seperti lukisan, kolase, pernak pernik dan lain-lain. Gallery ini akan dibuka terus di Pakuwon Mall Food Society sampai tanggal 8 April 2021.

Road to Walk For Autism 2021 akan berlanjut dengan program Virtual Walk selama 7 hari dari tanggal 2 sampai 8 April 2021 dan diakhiri dengan grand event Virtual Talk Show pada tanggal 24 April 2021 bersama Andy F. [uci/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar