Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

80 Persen Santri Tambakberas Jombang Sudah Divaksin

Bupati Jombang Mundjidah Wahab memantau vaksinasi santri PPBU Tambakberas dan mengikuti video conference dengan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (7/9/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Jombang terus menggenjot vaksinasi Covid-19 di lingkungannya. Walhsil, hingga Selasa (7/9/2021) sebanyak 80 persen santri sudah mengkuti vaksin. Jumlah total santri di pesantren tertua di Jombang ini sebanyak 12 ribu orang. Demikian diungkapkan Ketua Pengasuh Yayasan Ponpes Bahrul Ulum, KH. Hasib Wahab.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan perhatian pemerintah kepada Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas dalam melaksanakan percepatan vaksinasi,” kata Gus Hasib, panggilan akrab KH Hasib Wahab.

Para Santri Bahrul Ulum, lanjut Gus Hasib, di tengah pandemi Covid-19 selalu diberi nasihat dan motivasi untuk menjaga iman, imun, dan aman. “Iman kita harus kuat, imun harus kita jaga terus, dan insyaallah menjadi aman. Itulah semboyan di Ponpes Bahrul Ulum,” tambah putra pahlawan nasional KH Wahab Chasbullah ini.

Pada Selasa siang, santri Bahrul Ulum, Tambak Beras, kembali mengikuti Vaksinasi Merdeka. Acara tersebut digelar di Gedung Serbaguna KH. Hasbullah Said. Hadir dalam acara tersebut Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab didampingi Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho dan Dandim 0814.

Selain memantau vaksinasi, para pejabat tersebut juga mengikuti video conference dengan Presiden RI Joko Widodo yang berada di Ponpes KH Syamsuddin, Ponorogo, Jawa Timur. Presiden RI, Joko Widodo di Jawa Timur sedang meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk pelajar dan santri di Pondok Pesantren KH. Syamsudin Ponorogo.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, sebanyak 1500 Vaksin telah disiapkan untuk rangkaian kegiatan Vaksinasi Santri dan Rumah Ibadah. Pihaknya bersama Dandim 0814 akan terus melaksanakan vaksinasi agar target 1 juta untuk Kabupaten Jombang bisa terpenuhi.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa cakupan vaksinasi di wilayahnya terus mengalami peningkatan. Rinciannya, dosis 1 sudah diberikan kepada 630.036 orang atau 61.77%, kemudian dosis 2 sebanyak 412.699 orang atau 40.46%, serta dosis 3 diberkan untuk 3.996 orang (nakes) atau 0.39%.

“Jadi jumlah total yang sudah divaksin mencapai 1.046.731 orang atau 51.31%. Itu perkembangan data per 7 September 2021. Kemudian penerimaan vaksin meliputi, Dinkes sebanyak 1.139.318 dosis, TNI 28.481 dosis, dan Polri 40.532 dosis. Jadi jumlah totalnya 1.208.331 dosis. Per hari ini masih ada sisa vaksin 161.600 dosis,” kata Mundjidah merinci.

Bupati Mundjidah mengungkapkan, pada Kamis (9/9/2021), pihaknya kembali menggelar vaksinasu serentak, yakni di seluruh Puskesmas di Kabupaten Jombang dengan sasaran 12 ribu vaksinasi untuk masyarakat. “Ini sebagai upaya kami mempercepat terciptanya herd imunity atau kekebalan kelompok,” pungkasnya. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar