Pendidikan & Kesehatan

6 Jenazah Dimakamkan dengan Protokol Covid  di Jember, Salah Satunya Balita

Jember (beritajatim.com) – Enam jenazah dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (25/7/2020) dan Minggu (26/7/2020). Mereka diantarkan ke makam dengan mobil khusus Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember.

Tim pengantar jenazah PMI yang dipimpin oleh Ghufron Evian Efendi ini mengantarkan lima jenazah dengan protokol Covid pada Minggu (26/7) dan satu jenazah pada Sabtu (25/7) sore. “Ini rekor kami mengantarkan jenazah dengan protokol Covid. Sejak April lalu, sudah 15 jenazah yang kami antarkan ke pemakaman,” katanya, Senin (27/7/2020).

Permintaan pertama berasal dari RSD Balung untuk pengantaran jenazah ke tempat pemakaman umum (TPU) Ambulu, pada Sabtu, pukul 14.00. Kedua, dari RSD Balung ke TPU Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, pada Minggu, pukul 03.00.

Ketiga dari RSU Kaliwates ke TPU Slawu Patrang, Minggu, pukul 13.30. Keempat dari RS Jember Klinik ke TPU Pakusari, Minggu, Pukul 15.30. Kelima atas permintaan RS Jember Klinik, Minggu, pukul 20.00 ke TPU Semboro. “Terakhir  jenazah balita dari RSD Balung ke TPU Ambulu, Minggu, pukul 23.00, kata Ghufron.

Jenazah-jenazah tersebut memiliki status beragam. “Ada yang berstatus orang tanpa gejala alias OTG, ada yang dengan status orang dalam pantuan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan bahkan yang sudah positif Covid-19. Namun ada juga statusnya tidak terkait Covid-19. Tapi karena pandemik Covid-19 belum berakhir, proses pemakamannya juga dengan protokol kesehatan Covid-19. Itu sudah SOP (Standar Prosedur Operasi),” kata Ghufron.

Ketua PMI Kabupaten Jember EA Zaenal Marzuki memuji tim pengantar jenazah yang terdiri atas 12 orang itu. “Kami ucapkan banyak terima kasih kepada tim pengantar jenazah PMI Kabupaten Jember yang tak kenal rasa lelah, tak kenal rasa takut untuk antar jenazah selama pandemik Covid-19,” katanya. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar