Hukum & Kriminal

Pencuri Ini Tertangkap Gegara Ponselnya Tertinggal di Rumah Korban

Pelaku pencurian, Oki Hadi Wijaya (20), saat menjalani pemeriksaan di Mapolsek Wonokromo, Surabaya, Kamis (3/6/2021). [Foto/Istimewa]

Surabaya (beritajatim.com) – Oki Hadi (20) berlaku sembrono saat mencuri. Sehingga ponsel miliknya ketinggalan di rumah korban. Nah, dari telepon seluler itulah Oki akhirnya dilaporkan ke polisi. Pria yang tubuhnya penuh tato ini pun ditangkap petugas.

Rumah yang dijadikan sasaran oleh Oki adalah milik Diaz Rahmanto (33), Jalan Gajah Mada, Wonokromo, Surabaya. Pemilik rumah kemudian melaporkan peristiwa itu. Juga menyerahkan HP milik pelaku yang tertinggal tersebut ke polisi.

Usai mendapat laporan, petugas Satreskrim Polsek Wonokromo, Surabaya ini melakukan penyelidikan dugaan kasus percobaan pencurian sepeda motor tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Wonokromo, Iptu Arie menjelaskan, pelaku tertsngkap usai petugas mengantongi identitasnya. “Selanjutnya kita lakukan tracking (pelacakan) pelaku melalui ponsel. Pelaku kita pancing dan berhasil kita bekuk,” jelasnya kepada beritajatim.com, Kamis (3/6/2021).

Usai dibekuk, petugas melakukan pemeriksaan. Kepada petugas, Oki memgaku sudah melakukan pencurian sebanyak empat kali. Dari jumlah itu, dua diantaranya di wilayah hukum Polsek Wonokromo. “Ada juga rekaman kamera CCTV. Sehingga semakin memudahkan kami mengungkap kasus ini,” lanjutnya.

“Kuncinya ada di tiga hal yakni saksi, bukti CCTV dan ponsel pelaku. Dengan begitu petugas cepat mengungkap. Jika tiga hal itu minim ,maka petugas juga susah untuk menangkap pelaku. Maka dari itu kita harapkan masyarakat memasang kamera pengawas,” lanjutnya.

Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan dan melengkapi berkas acara perkara (BAP) untuk segera dilimpahkan ke pengadilan. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan. [man/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar