Hukum & Kriminal

Ini Modus Baru Pencurian Mobil Rental, Pelaku Pasang GPS di Ban

Surabaya (beritajatim.com) – Modus baru dilakukan oleh pelaku pencurian kendaraan bermotor jenis roda empat berhasil diungkap Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim.

Dalam pers release yang digelar korps Bhayangkara ini diamankan satu tersangka yang menggondol mobil milik pengusaha rental mobil dengan modus memasang Global Positioning System (GPS) di dalam ban depan kendaraan tersebut.

Kapolda Jatim Irjenpol Luki Hermawan didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim Kombespol Gideon Arif Setyawan menyatakan, pelaku memang sengaja memasang GPS tersebut didalam mobil yang dia pinjam.

” Jadi pelaku bisa memantau posisi mobil tersebut, jika dirasa lokasi mobil aman dan sepi, pelaku langsung melancarkan aksinya,” ujar Kapolda.

Pelaku yang diketahui bernama Zulkifli alias Kipli melakukan aksi untuk pertama kali, dia meminjam mobil temannya yang juga menyewa di persewaan mobio (Rencar) milik korban Setyo Ponco Utomo.

” Jadi dia meminjam mobil yang disewa temannya kemudian dipasang GPS, meski di dalam mobil sudah dipasang GPS namun sinyalnya kalah dengan GPS tersangka,” ujarnya.

Selain itu, Luki menyebut hal ini merupakan modus baru yang ditemukan di Jatim. Untuk itu, Luki menyarankan masyarakat yang memiliki bisnis rental mobil agar mengecek kembali kendaraannya usai disewa orang lain.

” Kayaknya di Jatim masih baru dan TKPnya di Banyuwangi, tertangkap di Malang. Ini tidak menutup kemungkinan di wilayah lain. Para penyewa kendaraan, habis disewa dicek lagi jangan sampai ada GPS yang disembunyikan di tempat tersembunyi,” saran Luki. [uci/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar