Hukum & Kriminal

Berbekal Ilmu Bela Diri, Petugas Security Perum PPS Gresik Gagalkan Curanmor

Gresik (beritajatim.com) – Andri Esfandi Ari (29) petugas security Perum Pondok Permata Suci (PPS) Gresik, mendapat apresiasi dari aparat Polsek Manyar. Andri sapaan akrabnya berhasil menggagalkan aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dengan berbekal ilmu bela diri.

Peristiwa curanmor tersebut terjadi pada Sabtu (2/1/2021) di Jalan Topaz 7 Perum PPS. Saat itu, Andri sedang mendapat giliran jaga. Di berkeliling kompleks perumahan sambil mengecek kondisi lingkungan.

Saat masih berkeliling, dirinya melihat pencuri sedang beraksi di sebuah garasi milik warga. Rupanya pencuri mengincar motor milik M.Ashol Fareza (18) yang sedang beristirahat di rumahnya. Tiba-tiba mendengar gantungan kunci motornya miliknya mau diambil. Usai dicek, ternyata sudah orang duduk diatas motornya.

Spontan M.Ashol berteriak meminta tolong sambil keluar rumah. Pelaku yang berinisial MD mencoba kabur karena kepergok.

“Pelaku mencoba kembali lagi sewaktu kepergok tapi bersembunyi disamping mobil,” ujar Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti, Selasa (5/12/2021).

Merasa aman, pelaku kembali beraksi untuk melakukan aksi pencurian motor. Korban yang merasa curiga langsung menghubungi petugas security untuk meminta bantuan.

Meski aksi pelaku kepergok, tapi tetap mengelak dengan berbagai alasan dan berusaha kabur. Bersamaan dengan itu, terjadi aksi kejar-mengejar dengan petugas security. Duel pun terjadi.

Pelaku dan petugas security duel satu lawan satu. Namun, karena memiliki ilmu beladiri, pencuri tersebut berhasil diringkus.

Dengan cukup bukti, akhirnya terduga pencuri itu diamankannya di pos pengamanan dan diserahkan ke Polsek Manyar.

“Pelaku langsung kami amankan untuk kami mintai keterangan,” imbuh Bima Sakti.

Atas keberanian itu, Bima Sakti langsung memanggil petugas ke Mapolsek Manyar. Pihaknya menghimbau kepada para security baik perumahan atau di tempat lainnya untuk tidak segan-segan mengambil tindakan jika ada dugaan tindak kriminal yang diketahuinya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar