Gaya Hidup

Desa di Kabupaten Malang Ini Sudah Berusia 1.119 Tahun

Kirab Hari Jadi Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis

Malang (beritajatim.com) – Grebek Tengger Tirta Aji menandai rangkaian Hari Jadi Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang ke-1.119 tahun.

Tradisi unik merayakan hari jadi desa setempat, merupakan inisiasi warga desa. Perayaan hari jadi Desa Mangliawan dipusatkan di Taman Wisata Wendit. Puncak kegiatan hari jadi itu ditandai dengan pelepasan burung dan ikan di area sendang yang berada di Taman Wisata Wendit, usai kirab tumpeng oleh warga setempat.

Pelaksana Jabatan Kades Mangliawan, Ahmad Agus Darmawan menyampaikan, kegiatan ini sudah berlangsung untuk keempat kalinya. “Ini diinisiasi warga Mangliawan sendiri. Kebetulan tahun ini berdekatan dengan Grebeg Tengger Tirta Aji, yang dilaksanakan besok, jadi ini rangkaiannya berurutan. Seharusnya hari jadi ini 13 April, tapi berhubung berdekatan dengan Pemilu, jadi kita adakan sekarang. Antusias masyarakatnya sangat luar biasa,” kata Agus, Sabtu (27/4/2019), siang dilokasi acara.

Kata Agus, perayaan hari jadi Desa Mangliawan tidak hanya sebatas menjadi agenda tahunan warga desa itu sendiri, namun ada ambisi yang lebih besar dari itu. “Harapan kami, kegiatan ini bukan hanya jadi agenda di desa tapi bisa menjadi agenda di tingkat kabupaten. Kita akan tata lagi, agar bisa masuk agenda kabupaten,” tegas Agus.

Agus pun mengakui bahwa kegiatan perayaan hari jadi itu masih jauh dari kata sempurna. Namun, kedepan secara perlahan kegiatan hari jadi tersebut bakal lebih di matangkan untuk bisa dimasukkan ke agenda wisata Kabupaten Malang.

“Insya Allah kedepannya nanti akan kita tata lagi, desa akan lebih intens lagi untuk menata kegiatan tahun depan, lebih banyak rembug dan komunikasi dengan Dinas Pariwisata serta Pemerintah Kabupaten Malang,” Agus mengakhiri. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar