Ekbis

Ekonomi Kreatif di Kota Malang Tumbuh Signifikan

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang (beritajatim.com) – Pertumbuhan ekonomi kreatif di Kota Malang mengalami kenaikan signifikan. Sektor ini bakal diperkuat oleh Pemkot Malang dengan membangun Malang Creative Center (MCC). Di tempat ini, nantinya bakal menjadi pusat ekonomi kreatif di Kota Malang.

“Data dari Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), daya ungkit pertumbuhan ekonomi mencapai 18 persen. Angkanya lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya yang rata-rata angka pertumbuhannya 9 persen,” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin (14/10/2019).

“MCC jadi salah satu program, tetapi ekraf ini kan sektornya banyak, jadi bisa melalui berbagai program untuk menjawab tantangan di era revolusi industri. Apalagi Kota Malang menjadi satu-satunya daerah yang memasukkan penguatan ekraf langsung dalam visinya,” imbuhnya.

Dikatakan Sutiaji, MCC dibangun untuk menjawab tantangan revolusi induatri 4.0. Menurutnya, keinginan membangun MCC sebagai wadah ekonomi kreatif telah sejalan dengan visi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Selain sektor ekonomi kreatif, ada 9 program yang harus dilakukan kabupaten/kota untuk kemajuan Pemprov Jatim. Diantaranya Jatim Sejahtera, Jatim Kerja,Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah, dan Jatim Harmoni.

“Pemerintah kota/kabupaten sebagai penyangga pembangunan di Pemprov Jatim tentu harus menerapkan semua program itu. Namun dari semua program itu, irisannya adalah ekonomi detail yang dikuatkan,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar