Berita Redaksi

Beritajatim Pindah Kantor

Alhamdulillah. Puji syukur atas karunia Allah Yang Maha Besar.

Bapak dan Ibu pembaca, pemasang iklan, narasumber dan pemangku kepentingan lainnya, izinkan kami menyampaikan kabar gembira. Media yang kita cintai, beritajatim.com, resmi pindah kantor.

Mimpi pindah kantor sebenarnya sudah dirajut sejak dua tahun silam. Tapi baru terlaksana 10 hari silam, tepatnya pada 1 Oktober 2020. Kini kami berkantor di Jl. Kutisari IX Nomor 02 Surabaya.

Meninggalkan kantor di Ciliwung 65 tentu bukan hal mudah bagi kami. Terlalu banyak kenangan manis dan catatan keberhasilan selama 13 tahun menempatinya.

Di kantor itulah kami melahirkan entitas bisnis baru yakni Portal Jatim Comm yang memfokuskan diri sebagai konsultan komunikasi.

Karena itu, meski sudah direncanakan agak lama, kami tetap saja merasa tidak siap pergi. Hati kami seperti terpatri di Ciliwung 65.

Namun 1 Oktober 2020 yang kami rencanakan sebagai tanggal pindah kantor akhirnya datang juga. Jarum jam tidak berhenti berputar dan kami bisa memperingati Hari Kesaktian Pancasila di kantor baru beritajatim.com dan Portal Jatim Media di kawasan Kutisari.

Berdiri sejak 1 April 2006, beritajatim.com meneguhkan positioning sebagai media online regional. Media online yang mengupas dan mengeksplorasi potensi dan kekuatan Jatim. Tentunya Jatim dalam multiperspektif: politik, pemerintahan, ekonomi bisnis, sosial, budaya, demografi, olahraga dan lainnya.

Ikhtiar meneguhkan positioning dan komitmen tersebut tak mudah. Butuh konsistensi. Perlu kerja keras dan inovasi. Butuh energi kesabaran luar biasa. Pertama kali berdiri 14 tahun lalu, banyak pihak meragukan: apakah media online regional seperti beritajatim.com umurnya bisa panjang. Jangan-jangan hanya seumur jagung.

Kami telah menjawab keraguan tersebut dengan kerja nyata. Terbukti kami bisa eksis dan survive. Kami diterima pasar dan masyarakat Jatim yang pluralis

Kebijakan redaksi kami bersandar pada regulasi pers yang ada. Pers sebagai kekuatan masyarakat sipil yang menempatkan akurasi informasi yang mencerdaskan, keberimbangan, cover both side, tak menghakimi, dan nilai-nilai normatif lainnya sebagai mazhab dalam bekerja.

Klarifikasi, verifikasi, dan konfirmasi adalah prinsip dasar yang kami jaga sekuat tenaga dan implementasikan secara konsisten. Bukankah ketiga hal itu yang membedakan media massa dengan media sosial?

Kami pindah kantor di tengah berlangsungnya kontestasi politik di Jatim. Pilkada dihelat di 19 kabupaten dan kota. Kami menyikapi realitas politik ini secara prudent dan bersandar penuh pada UU 40/1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan peraturan Dewan Pers.

Kami menyadari bahwa pers dalam relasi dengan politik hakikatnya sebagai marketplace of idea, aktor politik bersifat normatif, dan kekuatan control sosial. Peran pada tiga ranah itu yang mesti kami jalankan secara proporsional dan prudent. Kami juga harus mampu menjadi chanelling banyak kekuatan politik yang berbeda visi, misi, dan target politiknya.

Satu hal, kami mohon maaf belum bisa mengundang sahabat untuk ikut mensyukuri kantor baru kami. Alasan utama tentu kita harus menghindari kerumunan. Kita punya kewajiban untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19.

Alasan kedua, meski sudah pindah 10 hari, namun kantor baru kami masih belum tertata. masih banyak yang harus dikerjakan. Salah satu yang sedang kami lakukan adalah menyiapkan ruangan khusus untuk menggarap konten beritajatimTV sebagai bagian dari upaya kami bertransformasi menjadi media digital yang lebih sesuai dengan kepentingan pembaca, pemasang iklan dan narasumber.

Di tengah rasa syukur, kami tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak dan Ibu kepada beritajatim.com dalam usia yang sudah lebih dari 14 tahun.

Terima kasih tak terhingga untuk sahabat-sahabat jurnalis, pemimpin media, pembaca, narasumber dan pemangku kepentingan lainnya yang membanjiri media sosial kami dengan ucapan selamat serta doa atas kepindahan kantor kami.

Izinkan juga kami atas nama manajemen juga mengucapkan beribu terima kasih pada teman-teman PT Djarum Kudus yang telah mengirimi kami kue persis di hari kepindahan, Ibu Sri Sajekti Sudjunadi (Ketua Partai Nasdem Jawa Timur) yang mengirimi kami seperangkat alat pembersih udara.

Kami juga mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah mengirim karangan bunga ucapan selamat menempati kantor baru untuk kami, yakni:

1. Bupati Gresik. Dr. Ir. H. Sambari Halim Radianto, ST. M.Si.

2. Wakil Wali Kota Surabaya. Wisnu Sakti Buana, ST.

3. Kabid Humas Polda Jatim. Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K

4. Humas Pemkot Surabaya

5. Humas Pengadilan Negeri Surabaya. Martin Ginting

6. PT. Semen Indonesia

7. PT. Bumi Suksesindo

8. PT. Merdeka Cooper Gold

9. Atmosphere Spa.

10. Universitas Kristen Petra.

11. Ketua Kadin M. Ali Affandi Mattalitti.

12. Suara Surabaya Media

Redaksi update pengirimana Bunga (Selasa 12 Oktober 2020)

13. SKK Migas Perwakilan Jabanusa

14. Budi Harjanto
Kepala Kantor Bea dan Cukai Juanda

Rasa syukur kami menjadi lebih lengkap karena saat kami melakukan syukuran kecil untuk memohon ridho dari Allah SWT atas kepindahan kantor ini ada kiriman nasi tumpeng dari pasangan Cawali dan Cacawali Surabaya Bapak Mahmud Arifin dan Bapak Mujiaman serta kiriman tumpeng dan nasi biryani dari Bapak HM. Arum Sabil.

Terima kasih juga pada Mas Ismed Hasan Putro (Ketua Umum IPHI), Mbak Agnes Sweta Pandia (Kabiro Kompas Jatim), Gus Dur (bangsa.net), Mas Priandono (SKK Migas Jabanusa), Mas Wawan Primantoko (Petronas), dan Pokja Wartawan Grahadi yang meluangkan waktu berharga untuk mengunjungi kami saat sedang benah-benah kantor.

Akhir kata, mohon doa restu agar kantor baru kami melahirkan semangat baru untuk bisa melayani kepentingan pembaca dengan lebih baik lagi.

Salam sehat. Ingat pesan ibu: Wajib memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun.

Terima kasih.

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar