Ragam

Twitter Terancam Tutup, Akankah Beralih ke Mastodon?

Mastodon.

Surabaya (beritajatim.com) – Warganet Twitter heboh lantaran ada kabar jika Twitter akan tutup saat resmi dibeli oleh Elon Musk.

Kabar mengenai Rumor Twitter akan tutup ini sudah terlihat setelah banyak perubahan terjadi usai Elon Musk mengambil alih kepemilikan Twitter. Meskipun masih ada yang bertahan dengan Twitter, tapi sebagian dari mereka ada yang sudah beralih ke aplikasi lain jika Twitter benar-benar tutup dalam waktu dekat.

Salah satu aplikasi yang ramai digunakan sebagai alternatif bermain jika Twitter resmi tutup adalah Mastodon. Namun, apakah sebenarnya Mastodon itu? Bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi ini?

Jadi, Mastodon merupakan media sosial bersifat terbuka atau free open-source sentralized social media platform. Sebenarnya, Mastodon sudah muncul sejak tahun 2016. Setelah itu, aplikasi itu semakin dikembangkan oleh GmbH, perusahaan asal Jerman.

Secara umum, GmbH atau singkatan dari Gesellschaft mit beschränkter Haftung merupakan istilah dalam bahasa Jerman untuk Perseroan Terbatas yang umum di Jerman, Swiss, Austria, dan negara Eropa lainnya. Sampai saat ini, perusahaan GmbH mendapatkan berbagai kepercayaan ke pelanggan potensial dan partner melalui pendaftaran domain.

Cara untuk mendapatkan aplikasi dapat dikatakan mudah. Kita hanya perlu mengunduhnya melalui App Store bagi pengguna iOS, sedangkan para pengguna Android dapat mengunduh melalui Play Store.

Bukan hanya itu, kita dapat membuat aplikasi ini melalui website https://mastodon.social/ dengan tampilan hampir sama dengan Twitter, mulai dari fitur Kiriman, Tagar, Berita, hingga Pencarian.

Pada fitur Kiriman akan muncul postingan orang-orang yang kita ikuti, kemudian untuk fitur Tagar dapat terlihat topik apa saja yang kini sedang ramai diperbincangkan atau trending. Bukan hanya itu, ada berbagai fitur lain yang serupa dengan Twitter seperti retweet, reply, favorite, share, dan lain-lain.

Walaupun sekilas nampak sama, tapi ada perbedaan yang terlihat antara Twitter dan Mastodon yaitu karakter dalam sebuah postingan. Pada aplikasi Mastodon, pengguna dapat menulis maksimal 500 karakter, sedangkan Twitter hanya menulis tweet sebanyak 280 karakter. Jadi, lebih suka yang mana nih? (prd/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar