Iklan Banner Sukun
Ragam

Soto Lamongan yang melegenda

Soto Lamongan [foto: oryza wirawan]

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia dianugerahi oleh Tuhan memiliki kekayaan alam yang melimpah. Dengan rempah-rempah yang begitu banyak jenisnya, Indonesia berhasil meracik masakan-masakan dari negara lain, yang diolah lebih sedap lagi serta bisa dinikmati oleh berbagai jenis masyarakat, salah satunya soto. Inilah kenikmatan itu: soto adalah simbol keragaman kuliner kita.

Soto merupakan makanan yang datang dari budaya China, istilah “soto” merujuk dari salah satu jenis makanan Cina yang dalam dialek Hokkian disebut cau do, jao to, atau chau tu, yang artinya jeroan dengan rempah-rempah. Di Indonesia, soto pertamakali dikenal di pesisir pantai utara Jawa pada abad ke-19 Masehi, yakni masakan berkuah dengan potongan daging ataupun jeroan.

Dalam perkembangannya, soto menyebar ke seluruh Nusantara dan diadaptasi di banyak daerah dengan masing-masing ciri khasnya. Salah satunya soto Lamongan. Soto Lamongan adalah sajian makanan soto ayam yang khas dari Lamongan,Jawa Timur. Soto yang satu ini sangat khas dan berbeda dengan soto lainnya, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan tradisional dari Lamongan yang sangat terkenal kelezatannya. Tidak hanya di daerahnya sendiri, namun juga merupakan masakan yang sangat terkenal di indonesia.

Soto lamongan memiliki pembeda yang khas dari soto-soto yang lain,Salah Satu ciri khas dari Soto Lamongan ini terletak pada serbuk krupuk udangnya yang sering disebut Poya. Apabila serbuk Poya tersebut dicampurkan dengan kuahnya maka akan menghasilkan rasa gurih yang khas pada Soto Lamongan ini.selain rasanya nikmat, aroma Soto Lamongan ini juga sangat menggugah selera.

Dimulai sejak awal 1990 an sudah ada pedagang Soto Lamongan yang menjajakan masakannya di Ibu kota, maka sampai sekarang Soto Lamongan menyebar ke mana-mana dan tentunya menjadi salah satu pioner masakan lezat yang diakui oleh Dunia.

Itulah Indonesia, dengan keanekaragaman budaya dan daerah, melalui masakan kita bisa dikenal secara Internasional, terutama Soto Lamongan, yang menjadi kebanggaan warga Lamongan itu sendiri khususnya. [dep/bj0]


Apa Reaksi Anda?

Komentar