Iklan Banner Sukun
Ragam

Rayakan Hari Es Krim Banana Split Sedunia, Coba Resep Sederhananya di Rumah!

Sumber foto: Eiliv Aceron/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Es krim memang tidak pernah salah untuk dijadikan sebagai dessert setelah makan siang ataupun camilan di sore hari. Rasanya yang lembut, dingin, dan meleleh di lidah membuat banyak orang menyukainya, tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Selain itu, es krim juga akan menjadi kudapan yang sehat apabila dikombinasikan dengan buah-buahan, seperti semangka, leci, dan masih banyak lagi.

Salah satu es krim buah yang banyak digemari adalah banana split. Yap, ini adalah sajian lezat yang terbuat dari es krim, pisang, dan ditambahkan dengan topping lainnya. Menariknya, jenis es krim ini ternyata memiliki hari spesialnya sendiri loh! Hari Banana Split Sedunia, terdengar unik bukan?

Sebagai informasi, es krim banana split ini dibuat pertama kali di tahun 1904, oleh seorang apoteker bernama David Evans Stickler yang kala itu berusia 23 tahun. Ia bekerja di sebuah apotek bernama Tassell Pharmac, dan di situlah ia mengkreasikan es krim banana splitnya. Stickler juga menjual es krim tersebut seharga 10 sen, yang mana lebih mahal dari es krim sundae biasa. Akan tetapi, nyatanya dessert unik itu justru laris manis di pasaran.


Pada awalnya, banana split disajikan dengan pisang utuh yang dibelah menjadi dua. Lalu disandingkan dengan 3 rasa es krim yakni vanilla, coklat, dan stoberi. Masing-masing es krim juga ditambah topping selai dengan berbagai rassa, pastinya untuk menambah cita rasa yang lezat.

Selain itu, ada topping tambahan berupa bubuk kacang, krim kocok, dan tak ketinggalan buah cherry di atasnya. Jika kalian perhatikan, es krim ini berbentuk seperti perahu karena menggunakan mangkuk khusus.

Bentuk banana split hingga hari ini masih sama, namun beberapa orang menambah kreasinya sendiri sesuai selera. Seperti penggunaan yogurt, caramel, dan masih banyak lagi. Nah, agar kalian bisa ikut mencobanya, berikut ini adalah resep banana split yang bisa kalian coba di rumah.

Bahan-bahan:

· 1 buah pisang ambon atau Cavendish

· 3 scoop es krim rasa vanilla, coklat, dan stroberi (bisa juga menggunakan rasa yang kalian suka)

· 1 sdm saus coklat atau susu kental manis rasa coklat

· 1 sdm saus stroberi

· 3 sdm whipped cream

· 1 sdm almond atau kacang mete

· 3 buah cherry merah

Langkah membuat:

1. Belah buah pisang menjadi dua bagian, letakkan pada mangkuk khusus atau bisa juga menggunakan mangkuk berbentuk memanjang.

2. Tambahkan 3 scoop es krim dengan rasa-rasa di atas, tepatnya di tengah-tengah antara dua belahan pisang.

3. Tuang saus stroberi dan coklat di atas es krim

4. Taburi almond atau kacang mete sesuai selera

5. Tambahkan whipped cream dan letakkan cherry merah di atasnya sebagai hiasan.

Tara! Es krim banana split sudah siap disantap! Mudah kan? Selamat mencoba ya! (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar