Iklan Banner Sukun
Ragam

Jadi Venue Kualifikasi AFC U-20, Ini 5 Fakta Menarik Terkait Gelora Bung Tomo Surabaya

Potret stadion GBT yang akan menjadi venue babak penyisihan Grup F Kualifikasi AFC U-20 2023. (Sumber : Tangkapan Layar Instagram @stadiongbt)

Surabaya (beritajatim.com) – Kualifikasi AFC U-20 2023 akan segera dimulai pada 14-18 September 2022. Surabaya akan menjadi tuan rumah pada pertandingan Grup F Kualifikasi AFC U-20 yang diisi Timnas Indonesia, Hong Kong, Vietnam dan Timor Leste.

Stadion GBT akan jadi venue babak penyisihan Grup F Kualifikasi AFC U-20 2023. Selain Timnas Indonesia U-20, grup ini juga dihuni oleh Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) adalah sebuah stadion serbaguna yang terletak di daerah Benowo, Surabaya. Stadion Gelora Bung Tomo merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center.

Stadion ini digunakan sebagian besar untuk menggelar pertandingan sepakbola dan telah ditetapkan sebagai markas baru dari klub Liga 1 Indonesia, Persebaya Surabaya.

GBT merupakan stadion dengan sistem keamanan yang ketat. Untuk menunjang keamanannya, antrean penonton akan dibuat mengular dibatasi besi yang kokoh di setiap jalurnya. Para penonton juga harus melalui ruangan screening.

Di sini, petugas melakukan pemeriksaan terhadap penonton yang hendak masuk. Stadion ini dilengkapi 21 pintu masuk dengan dua akses ke tribun pada masing-masing pintunya.

Di depan tribun paling bawah terdapat pembatas besi berbentuk “T” setinggi 1,5 meter sehingga aman serta terdapat parit pemisah antara tribun dengan lapangan selebar 3,75 meter yang mengecilkan kemungkinan penonton untuk mengakses area lapangan

Terdapat juga lintasan atletik 400 meter mengelilingi lapangan dengan delapan jalur lari. Adapun fasilitas lain adalah Stadion Indoor kapasitas 10.000 penonton. Ada pula Lintasan drag race sepanjang 450 meter

Semua kursi saat ini menerapkan single seat pada semua tribun Stadion Gelora Bung Tomo. Single seat lipat untuk tribun VIP dan single seat biasa untuk tribun non VIP. Warna kursi yang bervariasi hitam, abu-abu, kuning dan hijau menambah kesan cantik di Gelora Bung Tomo. Jumlah kapasitas seluruhnya adalah sekitar 46.000 kursi.

Berikut ini Fakta Menarik Terkait Gelora Bung Tomo:
1. Pemkot Surabaya sedang memasang geomembran dan terus mengebut penanaman pohon di TPA Benowo. Ini untuk meredam bau yang berasal dari sampah menyebar ke Stadion Gelora Bung Tomo

2. Pembangunan Stadion Gelora Bung Tomo yang berlangsung selama tiga tahun, 2008-2010, menghabiskan biaya Rp 500 miliar. Sementara renovasi menelan dana Rp 100 miliar.

3. Pemkot Surabaya telah melakukan pembenahan baik di sekitar area maupun di dalam Stadion GBT. Beberapa pembenahan itu antara lain, penguatan sinyal provider, penambahan CCTV, tribune penonton, press room, akses jalan, penanganan bau TPA hingga penunjuk arah Stadion GBT.

4. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggratiskan biaya sewa Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

5. Pemkot Surabaya juga ikut membiayai transportasi dan akomodasi peserta dari empat negara itu.

(dae/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev