Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Media Sosial, Berikut Tool Wajib untuk Bisnis

Tool analisis media sosial yang digunakan oleh para pebisnis. (fauxels, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Media sosial menjadi sesuatu yang penting di era ini. Walaupun terkesan sederhana, namun pergerakannya sangat cepat sehingga perlu persiapan yang matang dalam menyiapkan segalanya. Salah satu langkah untuk membuat konten yang keren dimulai dari konsep, desain hingga caption yang menarik.

Jika dibuat secara mendadak atau terburu-buru tentu saja hasilnya akan kurang maksimal. Hal ini akan ememberikan dampak yang kurang sesuai target bahkan hasilnya bisa jadi diluar harapan atau keinginan.

Namun lebih dari itu, alangkah lebih baik jika kita menganalisis terlebih dahulu media sosial pada awal perencanaan konten. Faktanya, analisis media sosial merupakan langkah penting bahkan menjadi kewajiban saat mengelola media sosial.

Apalagi sekarang media sosial bukan hanya alat untuk posting keseharian. Lebih dari itu, akun ini digunakan sebagai tempat berbisnis. Jika kita lihat ada berbagai macam bentuk postingan di media sosial yang sering kita temukan dari podcast, webinar, live streaming, maupun infografis.

Saat ini, semakin banyak pengguna yang menjadikan media sosial sebagai alat bisnis. Pasalnya media sosial memang lebih mudah digunakan untuk promosi dengan budget murah dibandingkan dengan promosi via offline. Disamping itu, memulai bisnis dari media sosial mampu menjangkau lebih luas sasaran pemasaran bisnis.

Maka dari itu, penting menggunakan tools analisis dalam membantu mengelola media sosial sehingga lebih berdampak. Keunggulan dari tools analisis, bukan hanya sekedar posting-posting, tapi membuat kita mengerti seberapa jauh jangkauan konten yang diposting tersebar.

Disamping itu, penggunaan tools analisis media sosial media mampu memberi informasi bahkan rekomendasi postingan dan konten yang paling disukai oleh target audiens, merekomendasi hastag sehingga bisa digunakan untuk membuat caption, serta menentukan akun-akun yang bisa dijadikan influencer dengan target sesuai dengan brand produk atau jasamu.

Rekomendasi tools analisis media sosial bisa digunakan:

Hootsuite

Inilah tools yang menarik karena mampu mendapatkan data melalui berbagai kanal media sosial mulai dari Twitter, Facebook, dan Instagram. Data yang diberikan adalah tingkat sentimen post, informasi audiens, hingga performa akun.

Keyhole

Fitur unggulan dari Keyhole yang menyediakan monitoring perbincangan secara real-time berbagai interaksi dari Facebook, Instagram dan Twitter. Hal dapat membantu mengukur dan memperluas interaksi di akunmu.

Union Metrics

Alat yang mampu mengidentifikasi dan melihat konten dengan performa terbaik sehingga kita lebih mudah melacak tren yang relevan untuk diikuti.

Buzzsumo

Secara lebih luas, Buzzsumo lebih mudah menganalisa mengenai seberapa luas konten website di media sosial. Buzzsumo mampu memantau beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan Linkedin.

Socialbakers

Tools yang hadir dengan berbagai fitur dari menganalisis minat audiens, pemilihan konten terbaik hingga memantau brand, kemudian membantu penentuan influencer untuk promosi. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar