Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Rekomendasi Buku yang Bisa Bebaskan Kamu dari Rasa Galau!

Ilustrasi seseorang yang membaca buku. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menginjak umur 25 atau dikenal dengan masa Quarter Life,kerap kali menempatkan seseorang dalam posisi mental health. Hal itu banyak dinarasikan karena beban tanggung jawab yang makin bertambah dan tuntutan lingkungan sekitar yang nggak ada habisnya.

Kalau kamu sedang dalam kondisi ini, dan lagi menemukan titik jenuh menghadapi pertanyaan orang. Yang pastinya nggak akan ada habisnya, aku saranin kamu untuk baca 3 buku ini! Dijamin galaunya langsung kabur.

1. Cara Tetap Bahagia saat Hidup Penuh Masalah, karya Helaine Becker

Tiap hari kita pasti menghadapi persoalan yang membuat pikiran kita penuh, bahkan stres. Entah itu persoalan kecil atau besar. Masalah dengan teman, keluarga, atau pasangan. Semua hal menuntut untuk dikerjakan dan itu butuh pengaturan waktu yang tepat.

Kita tahu ini bukan perkara yang mudah, untuk itu, buku ini hadir berisi cara-cara mudah dan ampuh untuk mengolah stres. Seperti, dengan cara melakukan peregangan badan, berolahraga, latihan fokus dan banyak lagi hal lain yang dipaparkan agar bisa membantu kita mengatasi berbagai persoalan kecil di tiap harinya.

2. Cara Tetap Santai Saat Semuanya Kacau, karya Helaine Becker

Masih dengan karya penulis yang sama, buku ‘Cara Tetap Santai Saat Semuanya Kacau’ juga dapat menjadi pilihan kamu untuk tidak larut dari rasa galau. Buku ini mengingatkan kita, bahwa kesalahan adalah sesuatu yang wajar dilakukan. Terlebih oleh manusia.

Buku ini juga berbicara tentang bagaimana manusia seharusnya menyikapi persoalan yang mengganggu pikirannya, bagaimana untuk berdamai dengan ketidaknyamanan dan kembali mengingatkan kita bahwa rasa frustasi itu wajar. Salah-satu kutipan buku ini yang menarik ialah:

Orang lain juga mengalami hal-hal yang kita alami. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Manusia bisa berbuat salah. Perangkat lunak komputer saja bisa mengalami bug. Waktu yang ada terbatas. (hlm. 9)

3. Seni Hidup Bersahaja, karya Shunmyo Masuno

Tidak ada gunanya mencemburui orang lain yang telah terbekahi sejumput keberuntungan. Juga tidak ada gunanya mengeluhkan tidak adanya peluang bagi kita. Bekerja keraslah untuk menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan hari ini. Maka keberuntungan akan datan, (halaman 61)

Itu adalah sedikit kutipan dari buku ‘Seni Hidup Bersahaja’ karya Shunmyo Masuno. Jika kalian membaca kutipan ini, kalian akan langsung mengerti. Apa yang ingin penulis bagikan kepada pembacanya.

Buku ini mengajarkan kita, bagaimana cara menyederhanakan hidup yang rumit dan yang lebih penting, bagaimana cara kita menemukan kebahagian di tengah kelumit persoalan hidup.

Ada cara-cara sederhana untuk menumbuhkan rasa bahagia, seperti: bangun 15 menit lebih awal, merapikan kamar kita, pergi ke luar untuk menyaksikan matahari tenggelam dan ada banyak lain yang bisa kita lakukan untuk tetap bahagia di tengah problematika hidup. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev