Politik Pemerintahan

Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Bayar Zakat Melalui Si Jamal

Kediri (beritajatim.com) – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak masyarakat Kota Kediri agar menyalurkan zakat pada lembaga amal yang terpercaya. Ajakan itu disampaikan Wali Kota Kediri pada Selasa (4/5/2021). Seperti diketahui, pada Bulan Ramadhan ini umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat.

Apalagi zakat juga termasuk dalam salah satu rukun Islam yang berarti bahwa tidak sempurna keimanan seseorang tanpa menunaikan kewajiban berzakat. Bahkan perintah menunaikan zakat bahkan disebut dalam Al Quran sebanyak 32 kali.

Di Kota Kediri penyaluran zakat dapat dilakukan melalui Si Jamal. Program Si Jamal menyatukan berbagai lembaga amal. Terdapat delapan lembaga amal yang digandeng Pemerintah Kota Kediri, yakni Baznas (Badan Amal Zakat Nasional), Rumah Zakat, Yatim Mandiri, BMH (Baitul Maal Hidayatullah), NH (Nurul Hayat), LMI, Sahabat Mustahiq, dan Al Haromain.

Wali Kota Kediri mengatakan bahwa menyalurkan zakat harus kepada lembaga amal yang terpercaya. Sehingga bisa tepat sasaran kepada penerimanya. “Mari menyalurkan zakat di Bulan Ramdhan ini melalui program Si Jamal. Karena sudah terbukti amanah,” ujarnya.

Abdullah Abu Bakar juga mengungkapkan membayar zakat ini memiliki beragam manfaat. “Semoga nantinya penyaluran zakat ini bisa bermanfaat bagi penerimanya. Lalu juga bisa memotivasi yang mustahiq untuk menjadi muzakki di kemudian hari,” ungkapnya.

Program Si Jamal sendiri telah banyak membantu masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 dimana semua sektor terdampak. Diantaranya, Si Jamal ikut menyalurkan bantuan bagi disabilitas, Si Jamal juga turut memberikan bantuan kepada abang becak, dan Si Jamal ikut pula memasok bahan makanan bagi kelurga yang sedang menjalani isolasi. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar