Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Temui Pengasuh Tebuireng Jombang, Prabowo: Bahas yang Ringan-ringan

Jombang (beritajatim.com) – Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menggelar pertemuan tertutup selama satu jam lebih dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, Rabu (4/5/2022).

Sejumlah zuriah atau kerabat pesantren Tebuireng juga hadir dalam pertemuan yang digelar di dalem kasepuhan itu. Usai pertemuan, pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) ini berziarah ke makam keluarga pesantren Tebuireng.

Prabowo mengatakan, dirinya sudah sering berkunjung ke pesantren yang didirikan oleh Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari itu. Makanya, Prabowo merasa sangat dekat dengan pesantren Tebuireng.

Nah, bersamaan dengan libur lebaran ini dirinya berkeliling ke kawan-kawan lama, termasuk di Tebuireng. Lantas apa yang dibahas dalam pertemuan di Tebuireng? “Ya (bahas) yang ringan-ringan,” ujar Prabowo tanpa menyebut persoalan ringan apa yang dimaksud.

Pengasuh pesantren Tebuireng Jombang KH Abdul Hakim Mahfudz membenarkan bahwa yang dibahas dalam pertemuan itu bersifat obrolan ringan. Semisal obrolan seputar lebaran. “Bahas yang ringan-ringan,” kata Gus Kikin, panggilan akrab KH Abdul Hakim Mahfudz.

Gus Kikin juga mengakui bahwa Prabowo memiliki hubungan dengan Tebuireng sudah lama. Ibunda dari Prabowo kenal dekat dengan ibunda Gus Dur. Kemudian Prabowo kenal dekat dengan almarhum KH Yusuf Hasyim. “Beliau juga sudah berkali-kali mengunjungi Pesantren Tebuireng,” ujarnya.

Usai dari Tebuireng, Prabowo bersama rombongan bergeser ke PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang. Selain bersilaturahmi dengan pengasuh PPBU, Ketua Umum Gerindra ini juga berziarah ke makam pendiri NU, KH Abdul Wahab Hasbullah.

Nampak dalam rombongan tersebut, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua DPW Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad, serta Ketua Gerindra Jombang Hj Octadella Bilytha Permatasari. [suf/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar