Politik Pemerintahan

Rahmat Santoso Tiba-tiba Ditunjuk Jadi Plh Bupati Blitar, Ada Apa?

Rahmat Santoso
Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso

Blitar (beritajatim.com) – Rahmat Santoso mulai tanggal 25 Januari hingga 2 Februari 2023 ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Blitar. Wakil Bupati Blitar itu akan bertugas sementara menggantikan Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Penunjukan ini dicantumkan resmi dalam Surat Perintah Tugas (SPT) No.B/180.09/20/409/2023, tertanggal 19 Januari 2023 yang ditandatangani oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah. Isinya, memerintahkan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso untuk melaksanakan tugas dan wewenang, dengan tetap berkoordinasi dan bertanggung jawab kepada Bupati Blitar.

Rahmat Santoso pun membenarkan penunjukan dirinya sebagai Plh Bupati Blitar. Alasan penunjukan ini dilakukan lantaran Bupati Blitar Rini Syarifah sedang melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Sehingga diperlukan pengganti untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Blitar.

“Iya benar, memang ada SPT dari Mbak Rini (Bupati Blitar) untuk melaksanakan tugas dan wewenang selama Mbak Rini Syarifah melaksanakan ibadah umroh,” ujar Wabup Rahmat kepada beritajatim.com, Senin(23/1/2023).

Selama bertugas sebagai Plh Bupati Blitar, Rahmat Santoso akan terus berkoordinasi dengan Bupati Blitar Rini Syarifah. Koordinasi ini akan dilakukan termasuk dalam hal kebijakan strategis serta dianggap penting seperti pembangunan infrastruktur di wilayah Blitar Selatan yang telah menjadi sorotan masyarakat luas.

Rahmat Santoso Plh Bupati Blitar
SK penunjukan Wabup Blitar Rahmat Santoso sebagai Plh Bupati Blitar (Foto: Winanto/beritajatim.com)

Total Rahmat Santoso akan menjadi pengganti sementara Bupati Blitar selama 9 hari. Wakil Bupati Blitar itu pun berjanji akan menjalankan tugas yang diberikan kepada dirinya sebaik mungkin dan akan terus berkoordinasi dengan Bupati Blitar Rini Syarifah.

“Saya akan tetap berkoordinasi dengan Mbak Rini, jika ada sesuatu yang sifatnya strategis dan memerlukan persetujuan Bupati Blitar. Karena memang ada beberapa hal yang didelegasikan pada saya sebagai Wabup untuk menyelesaikannya,” imbuhnya,

Menurut Rahmat Santoso, izin ibadah umroh yang diajukan oleh Bupati Blitar Rini Syarifah telah disetujui oleh Kemendagri. Hal itu tertuang dalam Surat Mendagri tanggal 19 Januari 2023 tentang persetujuan izin ke luar negeri dengan alasan penting.

Maka dari itu dirinya pun akhirnya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Blitar selama Bupati Blitar melaksanakan ibadah umroh di tanah suci. Rahmat Santoso pun juga mendoakan semoga Bupati Blitar Rini Syarifah berangkat dan pulang ke Blitar dengan selamat serta ibadah hajinya diterima oleh Allah.

“Ya, semoga ibadah umroh Mbak Rini lancar, berangkat selamat pulang ke Blitar juga selamat, dan bisa kembali menjalankan tugasnya” jelasnya

Rahmat Santoso sendiri mengaku tidak canggung untuk menjalankan tugas Plh Bupati Blitar. Pasalnya selama ini dirinya sudah sering ikut menghadapi sejumlah permasalahan yang muncul di kabupaten Blitar, mulai dari permasalahan infrastruktur jalan rusak di wilayah Blitar Selatan, hingga permasalahan bonus atlet yang terlambat diberikan.

Selain itu koordinasi yang akan terus dijalin dengan Bupati Blitar Rini Syarifah selama menjabat sebagai Plh juga diperkirakan akan membantu kinerja dari Rahmat Santoso. Politisi dari partai pan itu pun meyakinkan masyarakat Blitar bahwa roda pemerintahan kabupaten Blitar tetap berjalan meski bupatinya sedang umroh di luar negeri. [owi/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar